Home Kepulauan Riau Tanjungpinang

Isdianto: Manfaatkan Dana BOS untuk Beli Kuota Internet atau Pasang Wifi

137
Isdianto
Pertemuan antara Gubernur Kepri Isdianto dengan pihak Telkom dan Telkomsel membahas masalah jaringan internet untuk mendukung belajar online, Selasa (18/8/20) lalu. (F: Dok. Humas Pemprov Kepri)

Barakata.id, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Isdianto menegaskan bahwa dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bisa dimanfaatkan untuk pemakaian kuota internet. Hal itu untuk meringankan beban masyarakat selama masa belajar online.

“Kondisi pandemi saat ini memastikan bahwa kegiatan pendidikan beralih ke jarak jauh (sistem online) tentu ada kemudahan dan kesulitan yang menyertai yang harus segera kita tindaklanjuti,” kata Isdianto saat menggelar pertemuan bersama PT Telkom dan PT Telkomsel di Lantai 4, Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (18/8/20) lalu.

Isdianto mengatakan, penerapan proses belajar online sejauh ini telah menimbulkan sejumlah persoalan baru. Banyak orangtua murid yang keberatan karena bertambahnya beban biaya untuk pembelian kuota internet dan perangkat pendukung.

Baca Juga :
Gubernur Kepri Isdianto Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Selain itu, jaringan internet juga masih menjadi persoalan karena belum semuanya daerah di Kepri terlayani internet dengan kualitas baik.

Lemahnya kualitas jaringan internet di beberapa lokasi, kata Isdianto, cukup menghambat proses belajar.

“Kesulitan masyarakat untuk membeli kuota juga menjadi hal yang banyak disampaikan kepada saya. Ini masalah, dan kalau tidak segera dicarikan solusi akan menghambat transfer ilmu kepada anak-anak kita,” katanya.

Karena itu, lanjut Isdianto, dalam pertemuan itu diharapkan ada solusi dari pemerintah dan PT Telkom maupun Telkomsel.

“Soal pendidikan ini kita tak boleh menunggu lama. Harus segera diselesaikan karena inilah salah satu bentuk kontribusi kita bagi masyarakat,” ujarnya.

Isdianto pun langsung memerintahkan Dinas Pendidikan dan Dinas Kominfo untuk intens berkoordinasi dengan pihak Telkom dan Telkomsel agar segera menindaklanjuti masalah-masalah yang ada di lapangan.

“Kalau terkait kuota bisa dipakai Dana BOS, kalau jaringan perlu kita data segera daerah mana yang masih lemah lalu segera kolaborasikan dengan pihak Telkom, Telkomsel. Cara cepatnya, bisa kita pasangkan jaringan wifi di titik-titik tersebut,” kata dia.

Baca Juga :
Siswa di Batam Masih Belajar dari Rumah, Orangtua Pusing

Senada dengan Isdianto, Sekda Kepri Arif Fadillah juga meminta dukungan penuh pihak Telkom dan Telkomsel agar berkolaborasi dengan Pemprov Kepri untuk mengatasi masalah kuota dan kualitas jaringan internet.

“Apa langkah yang harus dilakukan Telkom dan Pemprov, kita siap berkolaborasi. Kita harus segera bergerak cepat mejawab apa yang masyarakat butuhkan,” kata Arif.

Ia pun menyarankan agar Diskominfo turut membantu mendata per kecamatan, kondisi jaringan mana yang bagus mana yang tidak. Kemudian didiskusikan dengan pihak Telkom dan Telkomsel, apa langkah cepat yang harus diambil.

Dalam pertemuan itu, pihak Telkom dan Telkomsel meminta data-data yang diperlukan baik dari Dinas Pendidikan maupun Komindo Kepri terkait kebutuhan jaringan internet di daerah ini.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin