Instagram dan Facebook Hadirkan Fitur Label Berita Hoax

27
Ilustrasi

Barakata.id, Batam – Penyebaran berita hoax atau informasi palsu di media sosial semakin sulit dibendung. Untuk memberantas berita hoax itu, Instagram dan Facebook menghadirkan fitur baru yang diberi nama false information.

Fitur baru itu nantinya akan memberi tanda atau label terhadap informasi yang akan dan sudah dibagikan oleh penggunanya.

Diharapkan, dengan fitur tersebut maka para pengguna layanan Instagram dan Facebook, tidak lagi sesuka hati membagikan atau share berita. Jika informasi yang diunggah atau dibagikannya adalah bohong, maka akan langsung ditandai atau diberi label “false information”.

Baca Juga : Twitter Ikuti Instagram Perangi Berita Hoaks Anti-Vaksin

Karena itu, para pengguna Instagram dan Facebook wajib melakukan penyaringan terlebih dahulu sebelum ingin mengunggah atau membagikan satu informasi.

“Label ini akan ditampilkan di foto dan video yang secara keseluruhan atau sebagian mengandung informasi palsu, termasuk juga di Instagram Stories, dan akan dihubungkan dengan penilaian dari tim pemeriksa fakta (fact-checker),” tulis Facebook dalam siaran pers pada 21 Oktober lalu dilansir dari Bustle, Jumat (25/10/19).

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna Instagram dan Facebook akan mendapatkan peringatan berupa label “false information” saat ada unggahan yang mengandung berita palsu.

Label yang muncul secara pop-up ini juga memuat pilihan “see post” atau “see why” untuk mencari tahu alasan konten tersebut dilabeli.

Mengutip Bustle, fitur ini dihadirkan untuk mengatasi penyebaran hoaks menjelang pemilu Amerika Serikat pada 2020.

Baca Juga : Pengguna Facebook Kini Bisa kencan Online di 14 Negara

Selain melabeli, Facebook juga akan mengambil tindakan lebih lanjut untuk mencegah penyebaran hoaks.

“Di banyak negara, termasuk di Amerika Serikat, jika kami mendapatkan sinyal bahwa ada konten palsu, kami membatasi pendistribusiannya untuk sementara waktu, sambil menunggu tinjauan dari pihak ketiga, yaitu pemeriksa fakta,” tulis Facebook lebih lanjut.

Ingat, fitur ini juga berlaku untuk unggahan pengguna di Instagram Stories. So, jika ada yang mencoba membagikan konten yang tidak sepenuhnya benar, maka akan ada sebuah label yang muncul secara pop-up.

*****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here