Home Gaya

Pengguna Facebook Kini Bisa Kencan Online di 14 Negara

67

Para pengguna Facebook yang ingin merasakan kencan online di layanan media sosial tersebut, kini bisa bergembira. Facebok Inc baru saja menghadirkan fitur Scret Crush atau pengagum rahasia di 14 negara, Selasa (30/4/19).

Fitur kencan online ala Facebook ini diberi nama secret crush atau pengagum rahasia. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menemukan calon jodoh atau pasangannya di dalam lingkaran pertemanan di Facebook.

Adapun negara-negara yang sudah bisa menikmati fitur itu di antaranya, Brasil, Filipina, Vietnam, Singapura, dan Malaysia.

“Pembaruan aplikasi ini memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan kelompok yang memiliki minat yang sama,” kata Facebook dalam situs resminya dikutip dari Reuters, Rabu (1/5/19).

Facebook juga memperluas cakupan marketplace-nya di Amerika Serikat (AS), seiring dengan pembaruan aplikasi. Dengan layanan ini, para penjual yang mendaftarkan barang untuk pengiriman (di Facebook) bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan dibayar dengan aman.

Selain itu, Facebook juga memperkenalkan tab Acara baru, yang memungkinkan pengguna untuk melihat apa yang terjadi di sekitar mereka. Pengguna pun bisa memperoleh rekomendasi, menemukan bisnis lokal dan berkoordinasi dengan teman-teman untuk membuat rencana.

Sudah Diuji Coba

Fitur kencan ini juga sudah diuji coba secara internal di antara para karyawan Facebook pada Agustus 2018 lalu. Peneliti seluler Jane Manchun Wong pun sempat mengunggah tampilan fitur kencan buatan Facebook tersebut melalui akun Twitter-nya @wongmjane.

Ia juga mengomentari tampilan fitur kencan online Facebook yang lebih serius ketimbang Tinder.

“Desain Facebook Dating memberi nuansa yang lebih dewasa, yang tampaknya bertujuan untuk menemukan pasangan yang serius ketimbang hanya untuk kencan semalam,” katanya dilansir dari TechCrunch.

Apabila pengguna mengaktifkan Facebook Dating, maka hanya pengguna terdaftar lainnya yang bisa melihat akunnya. Kegiatan mendaftarkan diri ke Facebook Dating pun tak akan tampil di fitur Kabar Berita.

Dengan demikian, para pengguna Facebook lain tak akan tahu. Namun, pengguna bisa memilih apakah teman-teman di Facebook bisa mengetahui dirinya mendaftarkan diri ke Facebook Dating.

Dalam desain awalnya, fitur ini terbuka bagi siapapun termasuk lesbian, gay, biseksual, transgender (LGBT). Untuk itu, fitur ini meminta pengguna menentukan jenis kelamin dan kota tinggal, serta preferensi sex.

Jika ada dua orang menyatakan minat satu sama lain, mereka dapat berkirim pesan melalui Facebook Messenger atau WhatsApp. Selain itu, pengguna juga dapat memblokir pengguna Facebook Dating lainnya.

Meski demikian, pengguna tidak otomatis memblokir akun orang tersebut dari platform utama Facebook-nya. Fitur Facebook Dating juga dibatasi untuk pengguna usia 18 tahun ke atas atau menyesuaikan dengan kebijakan di masing-masing negara.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin