Chat WhatsApp Terhapus? Begini Cara Mengembalikannya

93
Ilustrasi. (Foto via datetricks.com)

Barakata.id, Batam – Kita tentu pernah mengalami chat WhatsApp terhapus entah itu sengaja atau tidak. Tapi setelah pesan itu hilang, tiba-tiba kita ingin melihat kembali chat yang sudah terhapus itu. Apakah bisa?

Mungkin, kalau chat itu hanya pesan biasa tak menjadi masalah. Bagaimana kalau chat itu berisi pesan penting yang tak bisa diabaikan?

Tenang, kamu enggak perlu panik. Ada kok cara untuk mengembalikan pesan atau chat di WhasApp yang sudah terlanjur dihapus.

Baca Juga : Teman Matikan Centang Biru WhatsApp? Tenang, Begini Cara Ungkap Dia Sudah Baca Pesan Kamu

Mengutip HiTekno, Jumat (25/10/19), ada beberapa tips untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus. Namun, perlu diingat, mengembalikan chat WhatsApp yang sudah terhapus tanpa melakukan beberapa cara berikut ini sebelumnya tentu sangat mustahil.

Beberapa cara berikut ini bisa kamu lakukan sebagai usaha untuk menghindari kejadian tidak sengaja menghapus chat WhatsApp. Nah, simak step-by-step berikut ini:

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk kembalikan chat WhatsApp yang terhapus adalah dengan mengaktifkan fitur backup di aplikasi WhatsApp.

Saat ini, WhatsApp sudah menyediakan fitur backup otomatis ke Google Drive yang memungkinkan penggunanya untuk langsung melakukan backup dengan mudah.

Untuk mengaktifkannya, langsung masuk ke WhatsApp, lalu ke ‘Settings’ yang ditandai dengan titik tiga yang berada di pojok kanan tampilan WhatsApp.

WhatsApp di iPhone (kiri), WhatsApp di Android (kanan) (F: HiTekno,com)

Selanjutnya, masuk ke ‘Chats’, lalu ke ‘Chat Backup’, pilih ‘Backup to Google Drive’.

WhatsApp di iPhone (kiri), WhatsApp di Android (kanan) (F: HiTekno,com)

Jangan lupa untuk memilih jangka waktu yang dibutuhkan untuk melakukan backup. WhatsApp menyediakan 3 pilihan yaitu harian, mingguan, dan bulanan.

Jika kamu cukup teledor hingga sering tidak sengaja menghapus chat, lebih baik pilih fitur backup harian atau daily ya.

WhatsApp di iPhone (kiri), WhatsApp di Android (kanan) (F: HiTekno,com)

Biasanya, kamu akan diminta untuk memilih akun Google yang digunakan untuk backup. Selain itu, jaringan yang digunakan saat backup juga perlu untuk kamu pilih. Sebagai saran, pilih backup dengan jaringan WiFi, agar kuota internet kamu ga cepat habis.

Kalau sudah melakukan backup secara rutin, saat ada chat yang terhapus, kamu tidak perlu panik. Tinggal melakukan restore data, dan chat terhapus ini akan kembali seperti semula. Silakan dicoba, ya.

*****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here