Home Gaya

Google Berbalik Dukung Huawei

61

Google mengakhiri keterlibatannya dalam perang dagang Amerika Serikat dan Cina, khususnya dengan produsen smartphone Huawei. Meski sebelumnya sudah mencabut lisensi untuk perusahaan asal Cina itu, kini Google menyatakan mendukung Huawei.

Menguty Financial Times, Google berkesimpulan, Huawei akan lebih berbahaya jika mereka terpaksa menggunakan Android versi modifikasi atau hybrid, lansir Financial Times. Menurut Google, android versi modifikasi, memiliki potensi lebih besar untuk diretas, bahkan tak cuma oleh Cina.

Baca Juga : Huawei Siapkan Pengganti Google Play Store

Karena itu, Google berpandangan lebih baik Huawei tetap diperbolehkan menggunakan OS Android seperti biasa karena lebih terjamin keamanannya.

Google berasumsi, dengan tidak adanya akses ke Android akan memaksa Huawei mengembangkan sistem operasi sendiri, yang bisa saja merupakan Android versi modifikasi yang memanfaatkan Android Open Source Project (AOSP), tanpa menyertakan Google Play Services.

Artinya, dengan tidak adanya Google Play Services, maka salah satu layanan seperti Play Protect – antivirus untuk menyaring malware, virus dan ancaman keamanan lain tidak tersedia. Dengan demikian, ponsel tanpa Play Protect akan sangat mudah diretas.

Baca Juga : Terancam Blokir Massal di AS, Bos Huawei Santai

Sayang, keterangan lebih banyak dari Google terkait pembelaannya kepada Huawei tidak dimuat secara gamblang di Financial Times.

Seperti diketahui, Google bersama beberapa produsen perangkat lunak dilarang berbisnis dengan Huawei karena perusahaan itu masuk dalam daftar hitam oleh pemerintah AS. Itu artinya Google tak bisa menyediakan berbagai layanannya, termasuk Android dan dukungan terhadap sistem operasi tersebut.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin