Home Kepulauan Riau Batam

DPRD Kepri Ingatkan Penggunaan Anggaran Covid-19 Transparan dan Akuntabel

26
Sekretaris Komisi I DPRD Kepri, Muhammad Syahid Ridho meninjau Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam terkait penanganan Covid-19, Kamis (16/04/20). (F: barakata.id/IST)

Barakata.id, Batam – Sekretaris Komisi I DPRD Kepulauan Riau (Kepri), Muhammad Syahid Ridho mengingatkan penggunaan anggaran Covid-19 harus transparan dan akuntabel. Hal ini perlu agar masyarakat percaya dan optimistis bahwa pemerintah telah benar-benar bekerja dan tidak menimbulkan kecurigaan.

Selain itu, jika dikelola secara transparan dan akuntabel, tentu di kemudian hari tidak akan muncul persoalan hukum.

“Jika kita mampu menyajikan data peta sebaran Covid-19, tidak ada salahnya juga melaksanakan prinsip akuntabel dan transparansi pemerintah atau gugus tugas Covid-19 dengan mempublikasikan penggunaan anggaran di websitenya,” kata Syahid Ridho di sela-sela kegiatan pengawasan bersama Gugus Tugas Covid-19 DPRD Kepri di Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam, Kamis (16/04/20).

Baca Juga :
Kepri Siapkan Rp230 Miliar untuk Darurat Covid-19

“Jangan mau kalah dengan pemerintah
desa yang APBD Desanya dipublikasikan ke khalayak ramai,” sambungnya.

Sejauh ini, dia menilai gugus tugas Covid 19 perlu meningkatkan kinerjanya dengan anggaran yang sudah ada. Syahid Ridho juga berharap ada langkah taktis,
kreatif dan inovatif untuk pencegahan dan penanganan pasien Covid 19, tetapi tetap sesuai aturan yang berlaku.

“Kita liat saja sekarang di pelabuhan, kita tidak menemukan protokol penanganan apabila ada penumpang yang bergejala. Belum lagi fasilitas kesehatan pendukung nya seperti APD, masker, dan lain-lain,” katanya.

“Kita tahu persoalan ini tidak mudah, tapi saya yakin persoalan ini akan menguatkan kita di kemudian hari kalau mau diambil pembelajaran dari wabah ini. Tapi saya tekankan sekali lagi pengelolaan anggaran Covid-19 yang telah kita ketahui bersama nilainya bisa dilakukan dengan prinsip transparan dan akuntabel,” pungkas Syahid Ridho.

Sebelumnya, dalam rapat bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, Plt Gubernur Kepri Isdianto mengatakan, pihaknya menyiapkan anggaran sekitar Rp230 miliar untuk penanganan wabah virus corona ini. Anggaran itu melonjak tajam dibanding yang dia lokasinya sebelumnya, Rp40 miliar.

Anggaran tersebut, sebagian besar berasal dari dana kegiatan yang ditunda di beberapa OPD, termasuk dana proyek pembangunan fisik dan kegiatan kedinasan.

*****

Editor : Yuri B Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin