Home Kepulauan Riau Bintan Desa Toapaya Utara dan Desa Pangkil Kini Punya Lumbung Pangan

Desa Toapaya Utara dan Desa Pangkil Kini Punya Lumbung Pangan

Lumbung Pangan Bintan
Penyerahan secara simbolis lumbung pangan untuk Desa Toapaya Utara dan Desa Pangkil, Rabu (12/1/22). (F: bintakab.go.id)

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Bintan – Desa Toapaya Utara dan Desa Pangkil di Kabupaten Bintan kini punya lumbung pangan. Keberadaan lumbung pangan ini merupakan lanjutan dari upaya stabilitas ketersediaan pangan di Bintan.

Dua unit lumbung pangan untuk Desa Toapaya Utara dan Desa Pangkil ini diserahkan oleh Sekretaris Daerah Bintan Adi Prihantara kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Agri Bangun Jaya dan Gapoktan Mitra Bahari, Rabu (12/1/22).

Adi mengatakan lumbung pangan masyarakat merupakan kegiatan pengembangan cadangan pangan. Untuk perlindungan dan pemberdayaan masyarakat terhadap kerentanan atau kerawanan pangan.

Baca Juga:

Menurut dia, persoalan pangan tak sekadar jadi tanggung jawab pemerintah. Namun, perlu ada sistematis keterlibatan masyarakat langsung sebagai pembangun utama.

“Lumbung pangan ini untuk keseriusan kita, jangan sampai ada kerawanan pangan di Bintan. Wilayah yang produktif pangan atau tidak harus sama-sama terbebas dari kerentanan pangan” kata Adi, dikutip dari bintankab.go.id.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bintan Khairul mengatakan, sejauh ini di Bintan sudah ada beberapa lokasi yang memiliki lumbung pangan. Di antaranya di Poyotomo sebagai contoh lumbung di wilayah produksi. Kemudian Desa Dendun sebagai contoh lumbung panjgan bagi daerah yang rentan ketersediaan pangan.

Baca Juga:

Menurut dia, selain untuk menjamin ketersediaan pangan, lumbung pangan juga diharapkan dapat menekan harga pangan.

“Bahkan kalau bisa, kumpulkann semua produksi pangan yang ada di lumbung ini untuk dikelola oleh Gapoktan baru kemudian didistribusikan ke pasar” ujarnya. (asrul)

SebelumnyaPembanguan Mercusuar di Pulau Karang Singa Akan Jadi Tanda Kedaulatan
SelanjutnyaBatam Bantu Rp500 Juta untuk Korban Semeru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin