Home Kepulauan Riau Bintan

Corona Bikin Tour de Bintan dan Festival Pulau Penyengat Ditunda

40
Tour de Bintan
Para peembalap dari berbagai negara mengikuti Tour de Bintan 2018. Tahun ini, Tour de Bintan ditunda karena wabah virus corona. (F: Dok. Dispar Bintan)

Barakata.id, Bintan – Dua kegiatan pariwisata bertaraf internasional di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yakni Tour de Bintan 2020 dan Festival Pulau Penyengat 2020 ditunda. Penundaan itu harus dilakukan untuk menghindari semakin meluasnya penyebaran virus corona.

Sesuai jadwal, Tour de Bintan 2020 harusnya digelar akhir Maret 2020 di Kabupaten Bintan. Namun, pemerintah memutuskan menundanya hingga waktu yang belum ditentukan. Begitu pula dengan Pestival Pulau Penyengat yang bakal dihelat di Kota Tanjungpinang, ditunda sampai waktu yang belum diputuskan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar mengatakan, penundaan event internasional itu untuk mencegah penyeberan virus corona atau Covid-19.

Baca Juga :
Menteri Perhubungan Budi Karya Positif Corona

Baca Juga :
Cegah Penyebaran Corona, Mapolda Kepri Disemprot Disinfektan

Tour de Bintan rentan menjadi media penyebaran virus corona lantaran peserta event tersebut mencapai ribuan orang yang berasal dari sekitar 20 negara di dunia.

“Ditunda sampai kondisi kondusif, setelah itu baru dijadwalkan kembali,” kata Buralimar saat dikonfirmasi, Minggu (15/3/20).

Ia mengatakan, informasi dari panitia, peserta yang sudah mendaftar hingga pekan kemarin sudah lebih dari 1.000 orang, dan berasal dari 20 negara. Dengan banyaknya orang yang terlibat dalam event tersebut, potensi penyebaran virus corona menjadi semakin terbuka.

Karena itu, lanjut Buralimar, pemerintah memutuskan untuk menunda Tour de Bintan. Meski langkah ini berarti memutus kunjungan wisatawan, tapi menurut Buralimar keselamatan manusia harus tetap lebih diutamakan.

“Memang, pariwisata sudah dihantam virus corona. Tapi kita juga harus sadar bahwa penyebaran virus ini tidak boleh dianggap enteng. Ini demi keselamatan bangsa seutuhnya,” kata dia.

Buralimar
Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan, ajang balap sepeda Tour de Bintan 2020 rencananya akan digelar pada 27-29 Maret 2020. Tapi semua pihak yang terlibat sudah sepakat event ini ditunda.

Bintan sebagai penyelenggara juga tidak ingin masuknya ribuan peserta dari berbagai negara membuat daerah ini menjadi daerah penyebaran virus corona.

Apri menegaskan, secara teknis, pihaknya sudah siap melaksanakan Tour de Bintan. namun, langkah antisipasi harus dikedepankan mengingat beberapa negara pintu masuk seperti negara Singapura dan Malaysia pun telah mengambil sikap tegas untuk menangkal Covid-19.

Baca Juga :
Waspada Perampokan, Ngaku Petugas Kesehatan, Datangi Rumah dan Semprot Penawar Virus Corona

Baca Juga :
Singapura Bantu Batam Atasi Corona, Kirim 50 APD dan 2 Ventilator

Saat ini, Pemkab Bintan bersama instansi terkait juga terus memperketat standar pemeriksaan kesehatan di seluruh pintu masuk ke Bintan.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Tanjungpinang, Surjadi menyatakan, pihaknya telah memutuskan untuk menunda Festival Pulau Penyengat hingga pada waktu yang belum ditentukan.

“Event itu tidak bisa bisa dipaksakana dengan kondisi sekarang ini. Kita sudah siap seratus persen untuk melaksanakannya, tapi tetap kepentingan masyarakat yang lebih luas harus didahulukan,” katanya.

*****

Penulis : Erha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin