Home Kepulauan Riau

Batam Uji Coba Parkir Elektronik, Jukir Dibekali Ponsel Gratis

103
Ilustrasi parkir

Batam – Dinas Perhubungan Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan melakukan uji coba parkir elektronik di 100 titik di kawasan Batam Centre dan Nagoya. Dalam uji coba ini, para juru parkir (jukir) akan dibekali dengan telepon seluler (ponsel) gratis.

“Handphone android itu untuk menunjang teknis di lapangan. Kita berikan cuma-cuma, sebenarnya dari Telkomsel, mereka yang menyediakan,” kata Kepala Dishub Kota Batam, Rustam Effendi di Batam, kemarin.

Rustam mengatakan, dalam program parkir elektronik ini, nantinya pihak Telkomsel menarik keuntungan dari aplikasi yang digunakan. Penandatanganan kerja sama dengan operator telekomunikasi itu rencananya akan dilakukan usai Lebaran 1440 Hijriah.

Rustam berharap dengan parkir elektronik ini target retribusi bisa terpenuhi. Ia memastikan sebelum resmi diluncurkan, pemerintah akan menggelar sosialisasi kepada masyarakat dan jukir.

Baca Juga : Pendapatan Daerah Batam Baru Terealisasi 20 Persen

Pemerintah Kota Batam menghitung potensi pendapatan (retribusi) dari parkir hingga Rp80 miliar. Sejauh ini, yang didapat pemerintah baru sekitar Rp27 miliar, masih sangat banyak yang hilang.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, antara Pemko Batam dengan Telkomsel sudah menyatakan komitmen untuk bersama-sama mengembangkan sistem parkir elektronik ini di Batam.

Telkomsel, lanjut Amsakar bahkan sudah menyiapkan draft Memorandum of Understanding (MoU) -nya. Tapi Pemko Batam.masih minta waktu untuk memperlajari lebih dalam “tentang pola kerja sama tersebut”.

“Kita ingin informasi yang lebih lengkap soal kesepakatan itu seperti tata kerja, mekanisme, dan konsekuensinya. Termasuk hak dan kewajiban masing-masing pihak seperti apa, kan harus jelas di awal,” katanya seperti dikutip dari Batam Pos.

Baca Juga : Pemko Batam Segel 8 Menara Telekomunikasi

Amsakar optimistis, dengan penerapan parkir elektronik pendapatan dari sektor retribusi parkir bakal meningkat.

“Sedapat mungkin semua segmen dikelola dengan baik, kami sudah mulai dengan tapping box, makanya kami masuk ke parkir elektronik,” ujarnya

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin