Warta Kepulauan Riau Alumni Lemhanas Gelar Cerdas Cermat Kebangsaan di Lapas Barelang

Alumni Lemhanas Gelar Cerdas Cermat Kebangsaan di Lapas Barelang

20
Alumni Lemhanas Taplai Kepri menggelar lomba cerdas cermat Kebangsaan di Lapas Barelang, Rabu (20/11/19). (F: Barakata.id)

Barakata.id, Batam – Ada pemandangan berbeda di Lapas Kelas IIA Barelang Batam, Rabu (20/11/19). Ratusan pelajar SMA dari berbagai sekolah di Batam berkumpul di aula lapas.

Hari itu, para pelajar SMA tersebut sedang mengikuti lomba cerdas cermat bertajuk “Kebangsaan”. Bukan hanya siswa SMA, acara yang dihelat alumni Lemhanas Provinsi Kepri itu juga melibatkan warga binaan di Lapas Barelang dan Rutan Batam.

“Kami sepakat, acara seperti ini harus di galakkan kembali, demi memperkenalkan dan memperkuat nilai kebangsaan di kalangan milineal Batam,” ujar Surianto, Kepala Lapas Kelas IIA Barelang Batam dalam sambutan pembukaannya.

Baca Juga : Alumni Lemhanas Taplai Kepri Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Batam

“Dan perlu pengembangan dan program program yang jelas dalam penguatan 4 konsensus bangsa,” sambungnya.

Surianto yang pada acara itu juga menjadi ketua panitia pelaksana mengatakan, Batam adalah etalase terdepan Indonesia. Karena itu, generasi penerus dituntut agar mempunyai kecerdasan.

Ditambahkan Dr Rasaki Persada, Ketua alumni Taplai Alumni Lemhanas Kepri, bukan hanya kecerdasan intelektual, juga perlu kecerdasan lain seperti kecerdasan emosi.

Rasaki Persada berharap, melalui kegiatan ini, terbangun jiwa-jiwa nasionalisme yang mantap di kalangan pelajar. Begitu pula dengan warga binaan, diharapkan selepas keluar dari masa binaan bisa kembali berbaur di tengah masyarakat dengan membawa kebaikan.

Lomba cerdas cermat bertajuk Kebangsaan dengan hadiah uang pembinaan jutaan rupiah itu akhirnya dimenangkan oleh pelajar SMAN 5 Batam.

Panitia bersama peserta lomba cerdas cermat Kebangsaan di Lapas Barelang Batam, Rabu (20/11/19). (F: Barakata.id)

Ada yg menarik dari pergelaran lomba cerdas cermat tersebut. Pada sesi kedua, mempertemukan hampir dari semua warga binaan di Batam.

Dari Lapas Barelang mengirimkan 6 tim, kemudian perwakilan dari Rutan Batam, Lapas Perempuan dan Lapas Anak. Para warga binaan tampak antusias mengikuti jalannya lomba.

Di sesi ini, Rutan Kelas IIA Batam tampil sebagai pemenang.

Baca Juga : Bandar Narkoba Jaringan Lapas Ditembak Mati

Di akhir acara, Kepala Lapas Barelang menyampaikan, kegiatan serupa akan diupayakan menjadi agenda tahunan.

“Nanti konteks dan konsepnya akan kita perbaiki. Kegiatan seperti ini sangat bagus,” ujarnya.

Acara yang digagas oleh Alumni Lemhannas Kepri ini didukung penuh oleh Kesbangpol Linmas Kota Batam serta Lapas Kelas IIA Kota Batam.

*****

Penulis : Ali Mhd

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here