Home Seni Budaya

Akhir Pekan ke Dataran Engku Hamidah Aja, Ada Busker

40
Pertunjukan jalanan yang diadakan tiap akhir pekan jadi tempat hiburan baru bagi masyarakat Batam. (F: Istimewa)

Barakata.id- Bagi kawula muda mudi yang bingung menghabiskan akhir pekannya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam menggelar busker (pertujukan jalanan) yang diadakan setiap akhir pekan.

Busker ini sudah digelar selama dua pekan. Pelaksanaan busker ini ada di dua tempat.

“Dataran Engku Putri depan Museum Batam Raja Ali Haji (Batam Center) dan Dataran Engku Hamidah,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, Minggu (12/7/20).

Pertunjukan Busker ini, kata Ardiwinata akan diadakan setiap pekan. Tujuannya untuk memberikan hiburan ke masyarakat Batam. Menariknya, genre musik yang dimainkan sangat beragam. Mulai jenis musik populer hingga lagu-lagu Melayu.

Baca Juga:
Disbudpar Hijaukan Halaman Gedung LAM dengan Tanaman Bermanfaat

“Kami ingin meperdengarkan dan mengenalkan lagu-lagu Melayu bagi masyarakat Batam, khususnya bagi muda mudi,” ujarnya.

Tak hanya bisa menikmati setiap alunan musik yang dilantunkan., masyarakat juga dapat ikut bernyanyi bersama band-band yang ada. Kegiatan seperti Busker ini sebenarnya tak asing di banyak tempat, misalnya di negara-negara Eropa. Ardiwinata mengaku ingin meyuguhkan hal serupa di Batam.

“Musik jalanan ini banyak dilakukan di negara-negara Eropa,” ujarnya.

Kepada masyarakat yang datang, Ardi meminta agar selalu menggunakan masker, membawa handsanitizer dan menjaga jarak.
“Mari kita sama-sama melawan Covid-19 dengan cara menerapkan protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah,” ucapnya.

Salah seorang warga yang menyaksikan pertunjukan ini, Irwan, mengatakan mendapatkan informasi mengenai busker ini dari media sosial.

Baca Juga:
Gelegar Mahakarya, Aksi Seni Budaya Anak Rantau di Batam

“Saya melihat Instgram story teman saya ada kegiatan musik di Dataran Engku Hamidah, jadi saya sengaja datang,,” kata pemuda yang beralamat di Lubuk Baja tersebut.

Irwan mengatakan pertunjukan ini cukup menarik dan menghibur. Karena genre musik yang mainkan sangat beragam. “Asik, seru, pokoknya senang banget dah. Dan juga bisa ikut bernyayi juga,” tuturnya.

Tidak hanya menikmati musik saja. Di sekitar kawasan tersebut juga disediakan berbagai kuliner yang sangat menggoda. Bagi penggemar selfie dan welfie, ada disedikan beragam spot foto. Tentunya sangat menarik bila hasil fotonya dipajang di media sosial.

“Tempatnya sangat lengkap kita bisa makan, bisa foto, semoga pertunjukan tersebut selalu hadir di setiap malam Minggu,” ujarnya.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin