Home Nusantara Ada 60 PMKS Ikuti Sunatan Masal Yang Digelar Pemkot Blitar

Ada 60 PMKS Ikuti Sunatan Masal Yang Digelar Pemkot Blitar

90
Guna Protokol Kesehatan, pelaksanaan khitanan masal dilaksanakan secara simbolis.(foto:achmad/barakata.id)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Wali Kota Blitar, Santoso membuka secara simbolis kegiatan sunatan massal, yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melalui Dinas Sosial Kota Blitar dalam rangka program Khitanan bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) tahun 2021. Kegiatan Khitan Massal ini dilakukan di Balai Kota Koesumowicitro Kota Blitar, yang diwakili oleh 6 anak dari masing-masing Kecamatan di Kota Blitar, Senin (19/07/2021)

Santoso menjelaskan, Khitanan Massal ini sebagai upaya Pemerintah Kota Blitar untuk meringankan beban orang tua yang akan mengkhitankan anaknya, sesuai syariat agama dan ketentuan kesehatan ditengah wabah Covid-19. Terdapat 64 anak yang mengikuti Khitan Massal dari 3 Kecamatan Kota Blitar. Data tersebut sesuai dengan usulan dari beberapa kelurahan yang ada di Kota Blitar untuk warga yang kurang mampu, serta warga yang layak mendapatkan bantuan sosial berupa program Khitan Massal.

“Khitanan massal ini, nantinya akan dilaksanakan di masing-masing Puskesmas dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Pelaksanaannya juga bertahap setiap harinya hanya mengkhitan 6 anak saja,” jelasnya.

Baca Juga : Wali Kota Blitar Berikan Bantuan Kepada Satgas Pamtas Bataliyon 511

Ia menambahkan, khitanan massal ini merupakan bagian program rutin yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Sosial Kota Blitar selama setahun sekali. Selain meringankan beban sosial ekonomi orang tua yang akan mengkhitankan buah hatinya bagi anak yang mengikuti khitan massal ini juga mendapatkan bantuan berupa sandal gunung, kaos, celana dalam khitan, sarung dan uang tunai Rp. 500.000,-.

“Khitan massal ini merupakan bagian program rutin yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Sosial Kota Blitar setahun sekali, yang sesuai dengan syariah Islam, yang mana setiap laki laki beragama Islam wajib melaksanakan khitan, ” tambahnya.

Baca Juga : Meski Pandemi Corona, Wali Kota Blitar Berharap Koperasi HarusTetap Eksis

Harapannya, program khitanan massal ini bisa membantu meringankan beban masyarakat di Kota Blitar, dan jangan melihat dari besarnya bantuan tetapi karena kepedulian pemkot terhadap masyarakat kota Blitar.

Hadir juga dalam kegiatan sunatan massal tersebut Wakil Ketua DPRD, Eli hidayah, serta seluruh kepala OPD di kota Blitar. (adv/humas).

Reporter : Achmad Zunaidi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin