Home Warta Dunia

800 Orang Terperangkap di Kereta Api Akibat Banjir Mumbai

127
Ilustrasi. Pemandangan hujan di stasiun kereta Mumbai. (F: Reuters/Francis Mascarenhas)

Mumbai – Sekitar 800 lebih orang terperangkap dalam kereta api Mahalaxmi Express akibat dihadang banjir di dekat Mumbai, India, Sabtu (27/17/19) waktu setempat. Helikopter Angkatan Laut India dan kapal darurat datang untuk menyelamatkan ratusan orang tersebut.

Indian Railways melaporkan, kereta itu
meninggalkan Mumbai pada Jumat (26/7/19) malam dan beregerak menuju Kolhapur. Namun, Mahalaxmi Express hanya berhasil melakukan perjalanan sejauh 60 kilometer.

Kereta tersebut kemudian terdampar setelah sebuah sungai meluap di tengah hujan deras hingga menutupi rel.

Kereta berhenti selama sekitar 12 jam di distrik Thane sebelum pihak berwenang memanggil Angkatan Laut India dan Pasukan Bencana Nasional (NDRF) yang langsung mengerahkan helikopter, kapal, dan penyelam.

Baca Juga : Hasil Pemilu India: Partai PM Narendra Modi Menang Mutlak

Indian Railways mengatakan, kereta itu dikosongkan dalam waktu sekitar lima jam setelah operasi dimulai. Sembilan wanita hamil termasuk di antara mereka yang diselamatkan.

Gambar udara menunjukkan perahu membawa orang-orang mengenakan jaket penyelamat dari kereta yang terperangkap dalam lautan air cokelat berlumpur dan juga menutupi ladang-ladang di sekitarnya.

Ambulans dan setidaknya 37 dokter dikirim untuk merawat penumpang, yang juga diberi makanan dan air, kata Indian Railways.

Seorang juru bicara perusahaan negara menambahkan bahwa “kereta bantuan khusus” akan membawa orang-orang ini untuk melanjutkan perjalanannya.

Hujan lebat menghantam Mumbai dan memaksa pembatalan 11 penerbangan dari bandara internasional ibu kota keuangan itu pada Sabtu. Sembilan pesawat yang hendak mendarat dialihkan ke bandara lain.

Jalan raya utama dari Mumbai ke resor Goa ditutup karena banjir semakin meninggi.

Baca Juga : Banjir Bengkulu, Buah Salah Urus Sumber Daya Alam

Setidaknya 20 sentimeter hujan turun di beberapa bagian Mumbai selama 24 jam

Lebih dari 250 orang tewas dalam banjir di seluruh India dalam dua minggu terakhir, dengan kawasan Assam dan Bihar di utara sebagai yang terburuk. 

Tentara mengatakan telah menyelamatkan lebih dari 150 orang yang terperangkap di rumah mereka di distrik Nalbari, Assam, dalam banjir yang terjadi beberapa hari terakhir.

*****

Sumber : CNN Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin