Home Gaya Perempuan

7 Cara Sederhana Mencegah Rambut Rontok

44
Rambut Rontok
Mencegah rambut rontok bosa dilakukan dengan cara-cara sederhana. (F: net)

Barakata.id, Batam – Rambut rontok yang jumlahnya kurang dari 100 helai per hari masih dianggap wajar. Tapi jika sudah lebih dari itu, kita harus mulai khawatir dan siap-siap cari solusi.

Masalah hormon dan faktor genetik menjadi faktor yang mempengaruhi rambut. Namun adakalanya hal-hal sepele yang tidak disadari bisa memicu rambut rontok.

Baca Juga :
Skincare yang Wajib Dimiliki di Musim Hujan

Berikut 7 cara sederhana yang dirangkum barakata.id dari berbagai sumber, Rabu (3/6/20), yang bisa dilakukan untuk mengurangi bahkan mencegah rambut rontok:

1. Kurangi Stres

Stres
Ilustrasi. Perasaan cemas atau stres juga bisa menyebabkan rambut rontok. (F: net)

Stres menjadi penyebab banyak penyakit. Salah satunya rambut rontok. Jika sudah mulai stres, ada baiknya untuk relaksasi dan mencari hiburan.

2. Hindari junk food

Makanan rendah gizi ini memiliki sedikit kandungan nutrisi dan jumlah lemak yang besar. Tak hanya junk food, para ahli juga menyebut pola makan tak sehat bisa menyebabkan kerusakan rambut.

Mengonsumsi gorengan, makanan manis, makanan asin dan mengandung pengawet secara sering dan berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan rambut, termasuk rontok. Sebaiknya junk food diganti dengan makanan bergizi dan memiliki asupan vitamin tinggi.

3. Rutin pakai vitamin

Bagi yang suka mewarnai rambut, mencatok atau melakukan perawatan rambut dengan bahan kimia disarankan untuk rutin memakai vitamin rambut. Usahakan pula untuk rajin creambath.

4. Gunakan produk sesuai jenis rambut

Produk yang sesuai untuk jenis rambut akan memberikan hasil yang sempurna. Namun jika sembarangan, bukannya memberi efek yang bagus. Rambut malah akan rusak dan rontok.

Untuk jenis rambut keriting sebaiknya gunakan sampo non-sulfate. Rambut lurus dan lepek, gunakan sampo dengan kandungan vitamin E.

Untuk rambut halus dan tipis, pilih produk yang dapat menambah volume rambut. Sedangkan rambut kasar dan tebal, gunakan produk dengan kandungan pelembap.

Kemudian untuk jenis rambut rusak atau diwarnai, pakai clarifying shampoo agar warna lebih merata. Untuk kepala kering, hindari produk sampo yang mengandung alkohol.

Bagi kulit kepala berminyak, jauhkan produk perawatan rambut mengandung minyak. Sementara itu untuk kulit kepala sensitif, pilih sampo natural yang tidak mengandung pewangi buatan dan Sodium lauryl sulfate (SLS).

Baca Juga :
10 Kebiasaan yang Dilakukan Pasangan Bahagia Sebelum Tidur

5. Pilih produk yang berbahan alami

Saat membeli produk perawatan rambut, sebaiknya baca label dulu. Cari tahu kandungan apa saja yang ada di produk perawatan rambut tersebut.

Selain memilih produk yang berbahan alami, sebaiknya hindari bahan-bahan yang mengandung parfum, formaldehida dan sulfat.

6. Ikat rambut sekadarnya

Ikat Rambut
Hindari mengikat rambut terlalu kencang agar rambut tidak rontok. (F: net)

Jangan terlalu kencang mengikat rambut. Sebab, ikatan yang terlalu kuat membuat akar rambut tertarik.

Inilah yang bisa mengakibatkan kerontokan. Apalagi jika pada dasarnya akar rambut lemah.

7. Keringkan rambut sebelum berhijab

Bagi pengguna hijab pastikan rambut kering terlebih dahulu sebelum memakai hijab. Sebab rambut yang lembab bisa menimbulkan jamur dan ketombe. Akar rambut menjadi lemah dan mudah rontok.

****

Editor : Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin