Home Gaya

Rambut Bisa Bercabang Gegara Hal Sepele, Apa Saja?

23
Ilustrasi. Rambut bisa bercabang karena hal-hal sepele. (F: Freepik)

Barakata.id- Selain ketombe dan rambut rontok, rambut bercabang juga jadi salah satu masalah. Khususnya bagi kaum wanita, apalagi yang berambut panjang.

Ternyata, rambut bisa bercabang gara-gara kebiasaan sepele. Bagi Anda yang sering punya masalah rambut yang satu ini, ada baiknya mengetahui apa penyebabnya. Sebab, dengan begitu Anda bisa menghindari penyebab tersebut.

Apa saja penyebabnya? Dilansir dari allthingshair.com, rambut bercabang jika ujung rambut kering, rapuh dan mudah patah. Simak nih beberapa penyebab yang bikin rambut indah Anda rusak.

Baca Juga:
7 Cara Sederhana Mencegah Rambut Rontok

1. Cat warna dan produk perawatan Kimiawi

Banyak orang yang hobi mengecat rambut. Baik karena tren atau karena ingin menyembunyikan uban. Cat warna yang digunakan seringkali mengandung bahan kimia.

Sama halnya dengan perawatan. Banyak produk-produk perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia. Demikian juga dengan teknik pelurusan, pengeritingan dan lain-lain. Hal itu dapat menguras dan menghilangkan kelembapan alami rambut. Makanya rambut jadi kering dan rentan pecah.

Untuk mengatasinya, sebaiknya gunakan sistem pencucian dan perawatan yang menutrisi rambut.

2. Menguncir rambut dengan karet gelang

Ini sepele, tapi kadang dilakukan. Apalagi jika merasa sedang di rumah saja dan tak perlu berdandan. Tapi ternyata gesekan karet pada helai-helai rambut dapat mengakibatkan rambut menjadi kasar dan bercabang.

Karet gelang juga bikin rambut ruwet dan lengket. Tak jarang ketika ditarik rambut pun ikut tercerabut. Sebaiknya gunakan ikat rambut spiral atau berlapis kain. Simpan baik-baik ikat rambut Anda sehingga tidak mudah hilang dan terpaksa menggunakan karet gelang.

3. Keramas berlebihan

Keramas memang penting, karena bikin rambut tetap bersih dan kulit kepala sehat. Tapi mencuci rambut berlebihan akan mengakibatkan rambut kehilangan minyak alaminya. Hal itu mengakibatkan rambut jadi kasar dan kering.

Baca Juga:
5 Alasan Membungkus Rambut dengan Sutra Sebelum Tidur

Sebaiknya gunakan kondisioner setelah pakai sampo. Khususnya bagi rambut yang cenderung kering dan kasar. Kondisioner akan meminimalisir rambut bercabang dan mudah patah.

4. Mengeringkan rambut dengan handuk

Ini paling sering dilakukan. Biasanya setelah keramas memang umumnya membungkus rambut dengan handuk. Tapi sebaiknya pastikan handuk yang digunakan. Sebab hal itu dapat menyebabkan rambut jadi kasar dan lama-lama bercabang.

Sebaiknya gunakan handuk berserat mikro untuk mengeringkan rambut. Atau bisa juga menggunakan t-shirt berbahan katun yang bersih.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin