Home Kepulauan Riau Batam Pemko Batam Cari Solusi Tempat Tinggal Korban Kebakaran di Baloi Mas Indah

Pemko Batam Cari Solusi Tempat Tinggal Korban Kebakaran di Baloi Mas Indah

85
Korban Kebakaran Baloi
Wali Kota Batam Muhammad Rudi saat mendata keperluan korban kebakaran di Baloi Mas Indah, Senin (13/9/21). (F: Humas Pemko Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Pemerintah Kota (Pemko) Batam berjanji akan mencarikan solusi tempat tinggal bagi korban kebakaran Baloi Mas Indah. Hal itu diungkapkan Wali Kota Batam Muhammad Rudi saat mengunjungi warga korban kebakaran, Senin (13/9/21).


Seperti diketahui, sebanyak 22 rumah dan 44 kepala keluarga (KK) dan 123 jiwa di RT 04/RW 09 Baloi Mas Indah kehilangan tempat tinggal karena kebakaran pada Rabu (8/9/21) lalu.

Rudi mengatakan, sejak kejadian itu ia langsung memerintahkan Dinas Sosial Kota Batam dan Camat Lubuk Baja untuk mendata korban. Kemudian dia juga meminta jajarannya untuk segera mengecek legalitas lahan yang menjadi tempat tinggal para korban kebakaran tersebut.

Baca Juga:

Rudi berharap, pihaknya segera mendapat solusi tempat tinggal bagi para korban kebakaran.

“Saat ini memang saya sedang menata untuk saudara-suadara kita yang tinggal di tempat-tempat tidak resmi,” ujarnya.

Rudi mengatakan, jika lahan yang ditempati warga belum ada yang memiliki dan belum dialokasikan oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam, maka lahan itu akan langsung dialokasikan untuk warga.

Tapi jika sudah dialokasikan ke pihak lain, tentu akan sulit baginya untuk memberikan lahan itu ke warga. Menurut Rudi solusi yang memungkinkan adalah dengan memindahkan tempat tinggal warga ke lokasi lain.

“Setelah dari sini nanti akan langsung saya cek peta lokasinya ini. Kalau ternyata sudah punya orang dan bapak ibu tetap minta di sini, tentu ini akan sulit,” katanya.

Rudi mengatakan, ia ingin warga tak lagi khawatir takut digusur jika tinggal di tempat resmi. Karena itu ia akan terus berupaya menyelesaikan masalah-masalah lama yang terjadi di Batam.

“Beberapa seperti di Bengkong dan Batuaji sudah kita selesaikan,” katanya.

Selain dari Pemko Batam, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Kepri juga memberikan bantuan. Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina mengatakan, Pemrov Kepri memberikan bantuan peralatan masak, perlengkapan bayi dan lain-lain.

Dia berharap bantuan dari Pemko Batam dan Pemrov Kepri dapat meringankan beban masyarkat.

Baca Juga:

Ketua RW 09 Avismadi mewakili para warga mengungkapkan terima kasih nya kepada Pemko Batam, Pemrov Kepri dan semua pihak yang telah membantu.

Hingga saat ini bantuan yang diterima korban kebakaran di Baloi Mas Indah berupa kebutuhan pokok seperti beras, telur, mi instan dan bahan makanan lainnya. Selain itu juga ada pakaian dan kelengkapan untuk bayi.

“Uang tunai terkumpul total Rp79,9 juta. Bantuan yang terkumpul sudah kami distribusikan untuk warga,” ujarnya. (asrul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin