Home Gaya Kesehatan 7 Cara Mudah Mencegah Kulit Keriput Pada Perempuan

7 Cara Mudah Mencegah Kulit Keriput Pada Perempuan

cara mudah mencegah keriput pada perempuan
Ilustrasi
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Perempuan – Tanpa disadari, semakin bertambahnya usia, kulit akan mengalami penuaan. Salah satu tanda penuaan adalah kulit mulai muncul keriput.  Sesungguhnya penuaan kulit merupakan hal yang alamiah, alias akan dirasakan oleh semua perempuan. 

Namun, kamu bisa kok mencegahnya. Tentunya dengan melakukan beberapa cara.  Sebelum dibuat repot karena sudah mulai muncul keriput, bukankah lebih baik untuk mencegahnya? 

Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah keriput. Yuk simak penjelasannya! 

1. Rutin Memakai Sunscreen 

Wahai perempuan, penting hukumnya untuk selalu menggunakan sunscreen atau tabir surya. Penggunaan sunscreen akan memberikan manfaat yang baik untuk kulit wajah, sebab sunscreen bisa mencegah penuaan dini alias keriput pada wajah. 

2. Konsumsi Lemak yang Menyehatkan

Selain menggunakan sunscreen, untuk membuat wajah tetap sehat, asupan makanan juga perlu diperhatikan. Mulailah memilih untuk mengonsumsi makanan yang banyak   mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Makanan dengan kandungan ini akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. 

Beberapa makanan dengan kandungan tersebut, di antaranya ikan salmon, ikan kembung, haring, sampai  sarden. Sedangkan untuk biji-bijian, meliputi biji rami (flaxseed) dan biji chia.

Kandungan tersebut juga bisa membantu memelihara struktur kulit dan membantu proses  meregenerasi sel kulit yang sebelumnya mengalami kerusakan. Dengan asupan tersebut, kulit akan selalu terjaga kelembaban dan kelenturannya. Alhasil kulit tetap terasa kencang.

Baca juga : 6 Alasan Kenapa Perempuan Tidak Boleh Membeli Produk Pemutih Kulit

3. Hindari Kebiasaan Memicingkan Mata

Mungkin kedengarannya sangat tidak masuk akal, tapi kebiasaan memicingkan mata rupanya bisa menjadi salah satu penyebab keriput lebih cepat muncul pada perempuan. 

Setiap ekspresi wajah yang dilakukan berulang kali tanpa sadar, rupanya dapat menyebabkan lipatan dan garis-garis halus di kulit sekitar mata. Jadi, kebiasaan memicingkan mata merupakan contoh kecilnya. 

Oleh sebab itu, pakailah kaca mata hitam atau selalu bawa kemana pun, agar jika suatu saat dibutuhkan kamu bisa memakainya. Terlebih lagi jika kamu cukup sering melakukan aktivitas di luar ruangan. 

4. Gunakan Skincare dengan Kandungan  Vitamin C

Penggunaan skincare yang memiliki kandungan Vitamin C rupanya bisa mencegah terjadinya keriput pada wajah perempuan. Kandungan vitamin C sesungguhnya bisa berfungsi sebagai 

antioksidan, alias yang akan membantu melindungi kulit dari sinar UV-A dan UV-B, yang dipercaya menjadi salah satu penyebab utama timbulnya keriput pada wajah.

Baca juga : Aneka Buah Ini Bikin Kulit Cerah dan Bersinar

5. Kurangi Merokok

Percayalah kalau merokok merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan perempuan mengalami keriput lebih cepat. Ketahuilah kalau kandungan nikotin pada rokok

dapat membuat pembuluh darah menjadi sempit, sehingga kulit menjadi kekurangan oksigen dan zat gizi. Efek merokok, khususnya asap rokok dapat membuat kulit wajah menjadi kering dan rusak. 

Jadi, kalau ingin kulit wajah tetap sehat dan terawat, kurangi kebiasaan merokok. Lebih bagus lagi kalau kamu berhenti merokok untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. 

6. Jalani Gaya Hidup Sehat

Hal yang tidak boleh kamu lupakan jika ingin mencegah keriput pada wajah adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan rutin minum air putih. Untuk memenuhi asupan harian, konsumsilah sebanyak 8-10 sajian buah dan sayur dalam sehari. Hal ini dilakukan agar kulit tetap mendapatkan hidrasi dan vitamin yang membuatnya tetap cerah dan sehat. 

Baca juga : Survei Produk Perawatan Kulit Berbahan Alami Merk Lokal

7. Lakukan Olahraga Ringan 

Setelah semua poin dilakukan dengan baik, jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan untuk hasil yang lebih maksimal. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup berolahraga selama maksimal 30 menit dalam sehari. Lakukan selama 2-3 kali dalam seminggu. 

Dengan berolahraga, aliran darah akan mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh. Aliran darah itu lah yang akan bertugas untuk membawa zat gizi dan oksigen menuju kulit dan menghasilkan kulit yang sehat dan awet muda. 

SebelumnyaInspiratif, Ini 8 Pemimpin Negara yang Berusia Muda!
SelanjutnyaSambut Halloween, Yuk kenalan dengan 20 Hantu yang Ada di Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin