Home Gaya Kesehatan

5 Tips Mata Tetap Nyaman Seharian di depan Komputer

69
Bekerja di depan komputer sepanjang hari membuat mata lelah dan tak nyaman, (F: Medical News Today)

Barakata.id – Jika Anda adalah pekerja yang seharian di depan komputer. Mata pasti akan menjadi lelah dan tak nyaman. Selain kering, otot bagian mata akan tegang. Kondisi itu bisa memicu sakit kepala. Jika dibiarkan, lama-lama keadaan ini akan menjadi masalah yang serius. Bukan tak mungkin mata Anda akan mengalami minus hingga rabun.

Ada baiknya Anda mencoba menjaga keyamanan mata saat bekerja. Berikut ini 5 cara agar mata tetap nyaman meskipun seharian bekerja di depan komputer yang dilansir dari Medical News Today. Yuk simak dan praktekkan.

1. Terapkan aturan 20-20-20

Aturan 20-20-20 ini adalah metode untuk mencegah mata lelah atau tegang. Cara melakukannya sangat mudah. Setiap menatap layar selama 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik. Saat istirahat itu lakukan dengan melihat sesuatu yang jaraknya 20 kaki atau 6 meter.

Baca Juga:
Trik Agar Badan Tetap Bugar Saat WFH

Lakukan aturan ini dan rasakan manfaatnya. Otot bagian mata akan menjadi lebih nyaman dan rileks.

2. Jarak dengan layar komputer satu lengan

Selain mengistirahatkan mata, posisi duduk dan jarak antara mata dengan layar komputer perlu diatur. Usahakan bekerja dengan jarak satu lengan dari layar komputer.

Metode ini akan membuat mata tak mudah lelah. Mata tak perlu bekerja keras karena harus melihat layar dengan jarak yang dekat.

3. Atur tingkat kecerahan layar

Seperti halnya dengan ponsel, tingkat kecerahan layar komputer bisa mempengaruhi kesehatan mata. Layar yang terlalu terang membuat mata harus bekerja lebih keras. Hal ini tentu membuat mata menjadi lelah.

Baca Juga:
4 Trik Agar Bulu Mata Lentik Sepanjang Hari

Sebaiknya atur layar sesuai pencahayaan di lingkungan kerja. Sebab jika layar terlalu redup, juga akan menyulitkan mata melihat apa yang ada di layar. Anda dapat menggunakan pencahayaan alami untuk membantu pencahayaan layar. Misalnya dengan membuka tirai jendela atau menghidupkan lampu.

4. Ganti softlens dengan kacamata

Jika Anda penguna softlens atau lensa kontak, ada baiknya Anda menukarnya dengan kacamata saat bekerja di depan komputer. Terlalu lama menatap layar membuat mata kering. Lensa kontak yang terlalu kering akan membuat mata iritasi. Apalagi penggunaan lensa kontak membatasi oksigen yang masuk ke mata. Tak heran jika mata yang menggunakan kontak lensa lebih rentan kering dan iritasi.

Memakai kacamata saat bekerja akan membantu membuat mata lebih sehat. Sebab dapat bernapas dan mendapatkan oksigen yang lebih banyak.

5. Pakai obat tetes mata

Bekerja seharian di depan komputer membuat mata kering. Jika dibiarkan, lama-lama akan terasa perih atau gatal-gatal. Untuk mengatasinya coba gunakan obat tetes mata. Tak perlu banyak-banyak, cukup teteskan 1-2 tetes. Mata akan jauh lebih segar dan nyaman. Sehingga tidak khawatir untuk melajutkan pekerjaan di depan komputer.

****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin