4 Pimpinan DPRD Kota Batam Diambil Sumpahnya

8
Ketua DPRD Batam sementaa Putra Yustisi Respaty menyerahkan tampuk pimpinan kepada empat pimpinan definitif DPRD Batam dalam paripurna, Senin (23/9/19). (F: Barakata.id)

Barakata.id, Batam – Ketua Pengadilan Negeri Kota Batam mengambil sumpah empat Pimpinan DPRD Batam periode 2019-2024 pada rapat paripurna DPRD Batam, Senin (23/9/19). Rapat Paripurna pengucapan sumpah tersebut dipimpin Putra Yustisi Respaty, ketua sementara DPRD Kota Batam.

Berdasarkan hasil pemilu legislatif 2019, ada empat partai politik peraih suara terbanyak yang berhak menempati posisi unsur pimpinan, yakni PDIP, NasDem, Golkar, dan Gerindra.

Adapun susunan pimpinan DPRD Kota Batam masa jabatan 2019-2024, yakni; Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto (PDI Perjuangan), Wakil Ketua I DPRD Kota Batam Muhammad Kamaluddin (NasDem), Wakil Ketua II DPRD Kota Batam Ruslan Ali Wasyim (Golkar), dan Wakil Ketua III DPRD Kota Batam Iman Sutiawan (Gerindra).

Penetapan tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Kepri Nomor 797 Tahun 2019 tanggal 20 September 2019.

Baca Juga : Daftar Lengkap 9 Fraksi di DPRD Kota Batam

Pengambilan sumpah ini juga dihadiri Plt Gubernur Kepri Isdianto, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, Asisten pemerintahan Setda Kepri Raja Ariza, dan Karo Perekonomian Heri Andrianto.

Hadir juga Ketua DPD PDI Perjuangan Kepri Soerya Respationo, Ketua Pengadilan Kota Batam Wahyu Iman Santoso, tokoh masyarakat Kepri Aida Ismeth, dan Sri Sudarsono.

Isdianto dalam sambutannya mengatakan, DPRD Kabupaten/Kota merupakan bagian dari penyelenggaraan pemerintah daerah.

Karena DPRD dan pemerintah daerah merupakan mitra sejajar yang saling mendukung dalam menjalankan roda pemerintahan guna kesejahteraan masyarakat.

Diharapkan pimpinan DPRD dan Pemerintah Daerah senantiasa bersinergi, koordinasi, dan kemitraan di dalam menetapkan APBD, penyusunan perda, dan menetapkan berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan Batam.

“Seperti meningkatkan kualitas hidup rakyat, ketersediaan lapangan kerja, penciptaan dan perbaikan infrastruktur, kualitas pendidikan, dan perbaikan pelayanan kesehatan masyarakat,” katanya.

Isdianto menambahkan, dengan disusunnya unsur pimpinan baru, diharapkan dapat menjalankan tugas dengan sukses dan lancar sesuai ketentuan yang ada.

“Selamat bertugas kepada unsur pimpinan DPRD Kota Batam masa jabatan 2019-2024 jalankan tugas yang sudah diamanahkan dan terus lanjutkan pembangunan Kota Batam,” kata Isdianto.

Baca Juga : Nuryanto, SH, MH Kembali Terpilih Pimpin DPRD Kota Batam

Sementara itu, Nuryanto usai menerima tampuk pimpinan meminta dukungan dari semua pihak. Menurutnya, DPRD selain mempunyai tugas dalam pembentukan peraturan daerah (perda), anggaran dan pengawasan, yang paling penting adalah mengabdi kepada masyarakat.

“Yang terpenting adalah pengabdian sehingga tugas dibarengi dengan niat ikhlas demi masyarakat Kota Batam yang kita cintai,” katanya.

Menurutnya, DPRD memiliki tugas yang relatif berat. Ia berharap semua anggota dewan harus profesional dalam menjalankan tugas. Sekaligus menampung dan menindaklanjuti aspirasi-aspirasi dari masyarakat.

“Saat ini masih banyak pekerjaan rumah yang menunggu. Hal inilah yang harus diselesaikan kami,” kata pria yang akrab disapa Cak Nur itu.

*****

Penulis : Ali Mhd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here