Home Kepulauan Riau Batam

Kementerian ESDM-Pemko Batam Bangun Jargas

52
Kementarian ESDM Bangun Jargas
Ditjen Migas Kementerian ESDM dan Pemko Batam menandatangani kerja sama pembangunan jargas, Selasa (06/10/20). (F: Humas Pemko Batam)

Barakata.id- Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan bangun jaringan gas (jargas) bumi di Batam. Pemerintah Kota (Pemko) Batam pun siap mendukung percepatan pembangunan jargas ini.

Nantinya pembangunan jargas ini akan dilakukan dengan skema kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha. Untuk menyukseskan kerja sama itu, Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum menyebutan Pemko Batam siap bekerja sama melalui BUMD Batam.

“Kalau perlu Pemko Batam melalui BUMD membentuk anak perusahaan yang khusus membangun jaringan pipa,” ujarnya, dalam konsultasi publik bersama Ditjen Migas Kementerian ESDM di Hotel Aston, Selasa (6/10/20).

Baca Juga:
PGN-Energi Listrik Batam Teken Kontrak Jual-Beli Gas

Menurut Syamsul, penggunaan gas bumi melalui jargas ini merupakan upaya untuk memassalkan green energi.

“Dari green energy, akan membangun green transportation dan mendukung program blue sky dan ini mendukung Batam sebagai smart city, clean and green city,” kata dia.

Gas ini pun nantinya bisa dikerjasamakan dengan sektor properti, apalagi kini pemerintah secara masif memperkenalkan dan menawarkan gas bumi kepada masyarakat sebagai energi yang lebih baik.

Sementara itu, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Alimuddin Baso mengatakan, pembangunan jargas merupakan hal yang penting ke depan dalam upaya memassalkan gas bumi. Selain itu, ia mengungkapkan impor elpiji merupakan salah satu penyebab angka subsidi negara.

“Sebagai gambaran pada tahun 2019 subsisidi yang dibayarkan Rp 4.306 perkilogram sampai Rp 6.984 perkilogram. Rata-rata Rp 5. 536 perkilogram. Kalau kita kalikan data empirik subsisdi elpiji dari tahun ke tahun naik cukup signifikan terkahir tahun 2019 Rp 54,12 triliun,” imbuhnya.

Faktor subsidi yang besar itu pulalah yang membuat pihaknya melakukan transformasi pengelolaan energi. Salah satunya dengan melakukan percepatan pembangunan jargas. Hal itu pula yang mendasari niat Kementerian ESDM bangun jargas di Batam.

Baca Juga:
18 Ribu Warga Batam Daftar Sambung Jaringan Gas PGN

“Melalui konsultasi publik ini, kami berharap Pemko Batam memberikan support teknis maupun non teknis mengenai komitmen kita mendorong pembangunan jargas dari APBN murni ke kerja sama pemerintah dengan badan usaha.

Staf Ahli Menteri Bidang Perencanaan Strategis Kementerian ESDM Yudo Dwinanda Priadi menyebutkan peningkatan jargas merupakan hal yang penting.

“Gas bumi melalui jargas ini menarik, hemat, bersih dan aman. Ini sangat tepat untuk kota modern seperti Batam,” kata dia.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin