Home Warta Ekonomi

Yang Perlu Diperiksa Jika Motor Ngadat Usai Dicuci

80
Ilustrasi

Barakata.id, Batam – Terkadang, ada sepeda motor yang menjadi sulit untuk dihidupkan setelah selesai dicuci. Kondisi itu tentu sangat tidak mengenakkan.

Sebenarnya kejadian seperti itu jamak terjadi pada sepeda motor. Tapi biar bagaimanapun, tetap saja akan sangat menjengkelkan kalau menimpa kita.

Apalagi, sebelum dicuci, mesin motor tersebut dalam kondisi baik-baik saja, tidak ada tanda-tanda bakal ngadat. Jika Anda mengalami hal seperti itu, jangan panik.

Sebaiknya Anda tetap tenang. Ada tiga hal yang bisa dilakukan yaitu, mengecek tiga komponen dasar tapi vital. Cara ini dapat dilakukan kalau Anda tidak menemukan ada bengkel motor di sekitar lokasi ngadatnya motor Anda.

Baca Juga : Harga Motor Honda Mulai Naik

Namun, agar dapat melakukan pengecekan, Anda membutuhkan kunci pas. Karena itu, pastikan di dalam jok motor Anda selalu tersedia beberapa perkakas pendukung.

Berikut tiga komponen yang bisa Anda cek untuk memeriksa penyebab motor ngadat:

1. Karburator

Air masuk ke ke dalam mangkuk karburator bisa saja terjadi. Karena komponen ini merupakan lokasi pembakaran bahan bakar yang bercampur dengan udara.

Oleh sebab itu keberadaan air tentu sangat mengganggu aktivitas pembakaran yang ada pada komponen tersebut. 

Solusinya, buka mangkuk karburator, namun jangan lupa tutup keran bensin terlebih dahulu.

2. Kop busi

Kop busi motor juga bisa menjadi akar masalah pada motor mogok terkena air. Bagian ‘kepala’ yang menghubungkan antara kabel busi dengan busi itu memang cukup riskan kemasukan air.

Untuk membersihkannya, hanya perlu mencopot kop busi dan membersihkannya dengan kain yang kering.

3. Sistem pengapian

Tidak hanya kop busi, bagian elektroda dari busi bisa saja menjadi lembab ketika motor dicuci. Jika mesin motor sulit dinyalakan, pastikan komponen ini dalam kondisi kering sembari mengecek sistem kelistrikan.

Baca Juga : Supersports RS660, Motor Pesaing Ninja ZX-636 dari Aprilia

Pertama, pasang busi pada kop busi, dan tempelkan ulir busi pada blok silinder atau kepala silinder. Lalu, nyalakan motor dengan kick starter. 

Kalau ada percikan api yang keluar, maka kelistrikan dari motor tidak bermasalah.

*****

Dari berbagai sumber

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin