Home Kepulauan Riau Batam

Cegah Covid-19, DPRD Kota Batam Gelar Rapid Test Lagi

27
Ilustrasi. DPRD Batam menggelar rapid test pencegahan virus corona, beberapa waktu lalu. (F: istimewa)

Barakata.id, Batam – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam kembali menggelar rapid test bagi seluruh anggota, (4/5/20). Selain itu, ikut pula dites para pegawai kesekretariatan dan sejumlah wartawan yang biasa meliput kegiatan di gedung Wakil Rakyat tersebut.

Sebelumnya, DPRD Batam telah menggelar rapid tes pertama pada April lalu. Namun, tes tersebut baru diikuti oleh 14 anggota DPRD Batam.

Sekretaris Dewan Kota Batam, Azril menyebutkan, langkah ini merupakan upaya mensterilkan dan mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja DPRD Kota Batam. Ada 70 pcs paket rapid test yang akan digunakan untuk tes Covid-19. Alat tes ini disediakan oleh tim medis dari Puskesmas Baloi Permai, Legenda Malaka.

“Dari jumlah tersebut, terdiri dari 36 pcs yang diperuntukkan untuk Anggota Dewan Batam, dan sisanya diperuntukkan untuk staf dewan dan teman-teman wartawan yang sering meliput di sini,” ujar Asril.

Baca Juga :
Ketua DPRD Batam: Semua Staf dan Wartawan yang Ngepos di Dewan Akan Ikut Tes Corona

Anggota Komisi III DPRD Kota Batam Dandis Rajagukguk menyambut baik adanya pemeriksaan rapid test ini. Setidaknya, bisa menangkal sejak dini penyebaran Covid-19 dilingkungan DPRD Batam.

“Harapannya tentu negatif semua, dengan dilakukan tes ini, kita jadi tahu kondisi kita apakah terkena virus itu atau tidak,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Syahrul, anggota Komisi IV dari PAN. Ia berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkala selama pendemi Covid-19 ini.

“Kegiatan seperti ini sangat bagus, dan biar kita tahu kondisi kesehatan. Yang terpenting adalah kita tetap waspada dan melakukan pantauan terhadap kesehatan kita dan juga lingkungan sekitar,” kata dia.

Pada rapid test tahap pertama yang dilaksanakan bulan April lalu, hasilnya diketahui ada tiga orang anggota dewan yang reaktif virus corona. Namun, hasil rapid test tersebut belum dapat dijadikan patokan untuk menentukan apakah seseorang terjangkit virus corona atau tidak. Untuk memastikan seseorang positif Covid-19, masih harus dilakukan pemeriksaan swab dengan mengambil sampel dari tenggorokan.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin