Home Kepulauan Riau

Wali Kota Rahma Komitmen Wujudkan dan Tingkatkan Perekonomian Tanjungpinang

Komitmen Rahma dalam Perekonomian Tanjungpinang

Barakata.id, Tanjungpinang – Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S. IP berkomitmen mewujudkan dan meningkatkan perekonomian Tanjungpinang. Rahma akan membantu dan mempermudah pengurusan perizinan untuk investor atau pengusaha yang akan berinvestasi di Tanjungpinang. Rabu (24/2) Rahma sengaja mengumpulkan semua pengusaha di Tanjungpinang untuk bersilaturahmi dan mendengarkan keluhan para pengusaha.

Rahma menyimpulkan salah satu penyebab investor atau pengusaha ragu menanamkan modalnya atau membuka usaha di Kota Tanjungpinang karena persoalan administrasi. Sementara di Tanjungpinang memiliki potensi besar dalam mengembangkan usaha dalam sektor apapun.

Dalam rangka mendatangkan investor, Pemerintah Kota Tanjungpinang mempermudah pengurusan perizinan, dan kenyamanan investor berinvestasi. Rahma membuka pintua pengaduan jika Jika ada kendala. Pemko siap untuk membantu hingga selesai tetapi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Rahma menginginkan Pemerintah dan pengusaha saling bersinergi, terutama dibidang investasi. Perizinan dan aturan harus dijalankan ketika berinvestasi di Tanjungpinang. Setiap Investasi atau usaha yang akan dilakukan di Tanjungpinang di konsultasikan atau dikoordinasikan terlebih dahulu kepada OPD terkait. Dengan begitu tidak ada kendala dan kesalahan dikemudian hari.

Koordinasi yang harus dilakukan salah satunya terkait Rencana detail tata ruang (RDTR) Kota Tanjungpinang yang sudah tertuang dalam Peraturan Daerah. Di Pemko sudah ada keluar PP nomor 21 tahun 2021 tentang penyelenggaraan Tata ruang. Isinya perubahan RDTR dipermudah melalui Perwako.

*) Rahma Juga Fokus Kembangkan Inovasi dan Kreatifitas Masyarakat

Rahma selain fokus terhadap investor juga fokus terhadap inovasi dan kreatifitas masyarakat. Senin (22/2), telah digelar rapat koordinasi (Rakor) Camat dan Lurah se-Kota Tanjungpinang bersama Walikota Tanjungpinang. Rapat ini untuk mempercepat geliat pembangunan Kota tanjungpinang.

Berbagai pemaparan dari Camat terkait inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Lurah di wilayahnya dengan berbagai program. Seperti seperti upaya penanganan Covid-19, penguatan ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan program kampung tangguh. Rahma ingin inovasi yang telah dibuat dan diprogramkan selama ini berjalan maksimal sehingga pemberdayaan masyarakat dapat terjalin dengan baik.

Apresiasi kepada Lurah dan Camat yang telah melakukan inovasi yang luar biasa diberikan Rahma. Mereka diminta laksanakan tugas sebaik-baiknya. Terus berinovasi dan memberikan semangat kepada masyarakat khususnya bagi perangkat kelurahan baik RT, RW dan lainnya. Mereka diminta bersama-sama bersinergi mensukseskan program-program yang telah direncanakan.

Sebagai langkah awal penguatan dan pemulihan ekonomi, Seluruh Lurah yang dikoordinir oleh Camatnya masing-masing mendata UMKM yang ada dan dicek kembali terkait izin usaha, kemasan, sertifikat halal dan kelengkapan lainnya. Pemko akan bantu mengakomodir dan promosikan di beberapa swalayan yang bekerja sama dengan Pemko. Lurah dibawah koordinir Camat diminta mendata warganya yang memiliki UMKM. Mengecek kelengkapannya dan jika tidak lengkap langsung segera bantu mengurus administrasinya. Sehingga penguatan dan pemulihan ekonomi khususnya UMKM dapat berjalan dengan baik.

Masyarakat diinginkan di setiap Kecamatan dan Kelurahan dapat memanfaatkan teknologi dengan memposting kegiatan, inovasi atau program-programnya di website dan media sosialnya.

*)Trans Studio Garden Hadir di Tanjungpinang

Dalam waktu dekat Wahana Taman Bermain Trans Studio Garden and Convention Hall berstandar Internasional pertama di Indonesia bakal hadir di Tanjungpinang. Pembangunan wahana ini dalam upaya mendongkrak sektor ekomoni. Sekaligus meningkatkan sektor pariwisata di Kota Tanjungpinang.

Rahma selalu mendukung setiap investor yang ingin berinvestasi di Kota Tanjungpinang, termasuk rencana pembangunan Trans Studio Garden ini. Rahma mengungkapkan rasa bangga karena konsep Trans Studio Garden pertama di Indonesia yang di bangun di Kota Tanjungpinang.

Dibukanya Trans Studio tentunya akan membuka lapangan pekerjaan baru. Rahma berpesan kepada pihak manajemen agar dapat menyerap tenaga kerja lokal. Selain itu untuk konsep pembangunan juga memiliki nuansa melayu untuk menjadi ciri khas daerah. Pihak management diharapkan menyediakan tempat untuk pelaku UMKM agar dapat mempromosikan dan menjual produknya disana.

Kota Tanjungpinang dinilai memiliki perputaran ekonomi yang baik dan memiliki potensi wisata yang potensial. Selain itu juga memiliki kemudahan akses dari negara tetangga karena berada di lokasi yang trategis.

***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin