Beranda Beauty

5 Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak

38
0
Tips Merawat Kulit
Kredit: pexels-gustavo-fring
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id – Salah satu masalah kulit yang paling umum dialami wanita di Indonesia adalah kulit berminyak. Ciri-ciri kulit berminyak adalah kulit yang mengkilap dan tumbuh beberapa jerawat.

Untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak, tentu perlu perawatan yang berbeda dari perawatan kulit biasa. Sebab perawatan yang kurang tepat justru membuat kulit semakin berminyak.

- Advertisement -

Adapun kulit yang semakin berminyak akan rentan terhadap jerawat yang membandel, komedo, dan flek-flek hitam. Berikut tips merawat kulit wajah berminyak:

1. Rutin Mencuci Muka

Membersihkan kulit menjadi salah satu rutinitas penting dalam perawatan wajah berminyak. Cobalah untuk rutin mencuci muka dua kali sehari pada pagi dan sebelum tidur.

Namun ingat untuk tidak mencuci muka terlalu sering karena dapat menjadi pelembab alami bagi kulitmu untuk meningkatkan produksi minyak.

2. Pakai Pembersih yang Lembut

Pakai pembersih wajah yang lembut untuk merawati kulitmu yang berminyak. Jika ingin lebih kuat, maka kamu bisa mencari bahan khusus untuk kulit berminyak.

Contoh nya adalah benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi yang biasa juga dipakai untuk kulit berjerawat.

Saat mencari pembersih yang cocok, cobalah lihat bagaimana kulitmu merespons setelah pemakaian beberapa minggu. Jika ada iritasi, maka coba pembersih lainnya.

3. Gunakan Toner

Setelah mencuci muka, perlu menggunakan toner yang dapat menyejukkan kulit. Cobalah menggunakan toner astringent yang mengandung alkohol untuk melembabkan kulitmu.

Ingat, gunakan toner hanya pada area yang berminyak seperti dahi atau sekitar hidung, sebab jika digunakan di area wajah yang tidak berminyak maka dapat membuat kulitmu kering.

4. Tetap Butuh Pelembab

Meski berminyak, tetapi tipe kulit ini juga masih butuh pelembab lho. Tetapi hati-hati untuk memilih pelembab yang tepat.

Cobalah cari pelembab yang berbahan dasar air atau bebas minyak dan jauhi krim pelembab yang berat.

5. Eksfoliasi Rutin

Cobalah untuk eksfoliasi seminggu sekali untuk membantu menghilangkan kotoran dan minyak di pori-pori wajahmu.

Dan ingat meski kamu memiliki jerawat, jangan sampai tergoda untuk memencetnya karena dapat menyebabkan bintik merah di wajahmu.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini