Beranda Beauty

Zendaya, Standar Kecantikan Wanita Kulit Hitam di Hollywood

71
0
Tanda Inner Beauty
F: ilustrasi (peakpx.com)
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id – Zendaya Coleman, aktris Hollywood berusia 26 tahun ini merupakan salah satu wanita kulit hitam yang menjadi sorotan. Ayahnya merupakan keturunan Afrika-Amerika dan ibunya adalah keturunan Jerman-Skotlandia.

Zendaya dikenal sebagai MJ dalam serial film Spider-Man: No Way Home. Sebelumnya, karir Zendaya dimulai di usia yang sangat belia saat dirinya membintangi film-film dalam Disney Channel.

- Advertisement -

Kemudian, karirnya mulai menanjak saat remaja dan bermain dalam film The Greatest Showman pada tahun 2017. Dalam film tersebut, Zendaya mendulang kesuksesan sebagai musisi karena berduet bersama Zac Efron dalam lagu “Rewrite the Stars”.

Kesuksesan lainnya diperoleh Zendaya saat membintangi sosok Rue Bennett dalam serial HBO Euphoria. Akting Zendaya yang sangat menjiwai bahkan sempat viral dan mendapat banyak pujian. Buntutnya, Zendaya sampai memenangkan dua Emmy Awards.

Zendaya juga didapuk menjadi brand ambassador dari berbagai merek fashion mewah seperti Valentino, Lancôme dan Bulgari.

Karirnya sebagai aktris dengan segudang prestasi ini tentu membawa dirinya sebagai sosok panutan bagi para wanita muda berkulit hitam lainnya. Bahkan sosoknya disebut-sebut sebagai standar kecantikan wanita kulit hitam di Hollywood.

Zendaya yang memiliki ratusan juta pengikut di media sosialnya ini sempat berulang kali membahas soal dirinya yang bergelut dalam industri Holllywood sebagai wanita keturunan kulit hitam.

Pada tahun 2018 dalam sebuah acara Festival Beautycon, Zendaya bercerita bagaimana dia adalah “versi gadis kulit hitam yang dapat diterima” di Hollywood. Ia juga menyinggung soal diskriminasi warna kulit dan bagaimana hal itu berperan dalam versi Hollywood tentang apa yang dapat diterima dan apa yang tidak.

“Sebagai wanita kulit hitam berkulit terang, penting bagi saya untuk menggunakan hak istimewa saya, platform saya, untuk menunjukkan kepada Anda betapa banyak kecantikan yang ada di komunitas Afrika-Amerika,” katanya.

Sebelumnya bersama Vogue Italia, Zendaya juga mengungkap bagaimana dia menyadari sosoknya saat ini berhasil berkat para aktris kulit hitam yang datang sebelum dia.

Sebab, tanpa adanya jalur pembuka bagi aktris kulit hitam seperti dirinya, maka jalan yang ia lalui akan lebih sulit dan menantang.

“Saya merasa sangat bersyukur berada di posisi ini karena, tanpa wanita di masa lalu, terutama wanita kulit hitam ikonik yang telah melakukan apa yang telah saya lakukan sebelumnya, saya tidak akan bisa eksis di ruang ini.

Jadi dengan setiap pencapaian baru, dengan setiap hal baru yang saya pelajari, saya berharap dapat menjadi bagian dari pembayaran itu dan mudah-mudahan akan lebih mudah bagi orang berikutnya,” kata Zendaya.

Alhasil, karena ketenarannya saat ini, tunangan dari Tom Holland ini menyadari adanya tekanan dalam pundaknya saat menjadi aktris kulit hitam muda di Hollywood.

Untuk itu, Zendaya turut serta dalam berbagai situasi untuk mendukung adanya penghapusan diskriminasi warna kulit yang terjadi di berbagai penjuru negeri.

“Saya memiliki tanggung jawab yang berat di pundak saya, tetapi saya menghargai … karena dengan itu ada banyak hal baik yang dapat saya lakukan dan saya tahu siapa yang menonton,” jelasnya pada Reporter Hollywood.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini