Beranda Beauty

7 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu Dihindari

62
0
Penyebab Kantung Mata Hitam
Kredit: pexels engin akyurt
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id, Kesehatan – Salah satu permasalahan kulit yang kerap dialami perempuan di area mata adalah kantung mata yang hitam dan terlihat bengkak.

Memiliki lingkaran hitam di bawah mata dapat mengundang komentar yang tidak diinginkan tentang betapa lelahnya penampilanmu.

- Advertisement -

Faktanya, bukan hanya kekurangan tidur, ada banyak alasan yang menyebabkan kantung mata menjadi hitam dan mengurangi kepercayaan diri seorang perempuan.

Dikutip dari Healthline, berikut tujuh penyebab kantung mata hitam yang perlu kamu hindari agar tingkat kepercayaan dirimu tidak turun:

1. Kelelahan

Kelelahan ekstrem atau sering begadang melewatkan waktu tidurmu menjadi salah satu penyebab lingkaran hitam terbentuk di bawah matamu.

Sebab kurang tidur dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan pucat yang membuat jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah kulitmu bisa terlihat.

2. Usia

Seiring bertambahnya usia, kulitmu menjadi lebih tipis. Hal itu membuat penurunan lemak dan kolagen yang menjaga elastisitas kulitmu. Saat ini terjadi, pembuluh darah gelap di bawah kulitmu menjadi lebih terlihat, menyebabkan area di bawah mata Anda menjadi gelap.

3. Ketegangan Mata

Menatap televisi atau layar komputermu secara terus menerus dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Ketegangan ini dapat memperbesar pembuluh darah di sekitar mata. Akibatnya, kulit di sekitar matamu bisa menjadi gelap.

4. Alergi

Reaksi alergi dan mata kering juga dapat memicu lingkaran hitam di bawah mata. Beberapa gejala alergi biasanya termasuk gatal, kemerahan, dan mata bengkak. Alergi dapat membuatmu menggosok dan menggaruk kulit yang gatal di sekitar mata yang bisa mengakibatkan bayangan gelap di bawah matamu.

5. Dehidrasi

Dehidrasi adalah penyebab umum dari lingkaran hitam di bawah matamu. Saat tubuh tidak terhidrasi dengan baik, kulit di bawah matamu mulai terlihat kusam dan matamu akan terlihat cekung. Ini karena kedekatan mata dengan tulang di bawahnya.

6. Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan tubuh memproduksi melanin berlebih, pigmen yang memberi warna pada kulit. Terlalu banyak sinar matahari, terlebih untuk matamu dapat menyebabkan pigmentasi pada kulit di sekitarnya menjadi gelap.

7. Genetika

Riwayat keluarga juga berperan dalam membuat lingkaran hitam di bawah matamu. Ini bisa menjadi sifat bawaan yang terlihat sejak masa kanak-kanak. Seiring waktu, lingkaran hitam bisa menjadi lebih terang atau lebih gelap.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Kamu di Era Daring

- Advertisement -