Home Kepulauan Riau

Tiket Kapal Pelni dari Karimun ke Jakarta Habis

88
Ilustrasi. Kapal Pelni masih menjadi pilihan masyarakat untuk pulang kampung saat musim mudik. (F: IST)

Karimun – Tiket kapal PT Pelni dari Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) ke Tanjung Priok, Jakarta untuk keberangkatan, Kamis (23/5/19) sudah habis terjual. Pelni memastikan tiket kelas 1A, 1B, 2A, 2B maupun kelas ekonomi KM Kelud yang digunakan untuk rute itu sudah kosong.

“Sudah habis terjual, jumlah penumpang yang akan berangkat, sesuai dengan jumlah tiket yang terjual sebanyak 360 orang,” kata Kepala Cabang PT Pelni Karimun Yusuf di Tanjungbalai Karimun, Senin (20/5/19).

Bagi warga Karimun yang masih berkeinginan mudik menggunakan kapal Pelni, Yusuf menyarankan agar berangkat melalui Batam, sebab PT Pelni menambah satu kapal untuk jurusan Tanjung Priok, yakni KM Dorolanda yang berangkat pada 23 dan 27 Mei.

“Seatnya masih tersedia, tapi berangkatnya melalui Batam,” katanya.

Yusuf mengatakan, keberangkatan KM Kelud ke Tanjung Priok pada Kamis (23/5/19), merupakan keberangkatan terakhir jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Sedangkan kapal untuk tujuan Belawan, masih ada tiga jadwal keberangkatan, yakni pada 21, 23 dan 27 Mei dengan menggunakan KM Kelud dan KM Dorolanda.

“Kalau untuk tujuan Tanjung Priok, baru ada pada 10 Juni atau usai Lebaran dengan KM Kelud,” kata dia.

Sementara itu, beberapa warga mengaku telah membeli tiket KM Kelud untuk mudik ke Pulau Jawa.

Hendro, seorang warga Meral mengatakan telah membeli tiket untuk istri dan anaknya karena ingin berlebaran di Jakarta.

“Saya memilih naik kapal Pelni saja, kalau naik pesawat harga tiketnya sangat mahal,” katanya seperti dikutip dari Antara.

Dari Bintan Juga Habis

Selain dari Tanjungbalai Karimun, tiket kapal Pelni dari Pelabuhan Kijang, Kabupaten Bintan, menuju Tanjung Priok – Surabaya – Makassar untuk keberangkatan 27 Mei 2019 juga sudah habis terjual. PT Pelni menyiapkan 2.000 seat sesuai dengan kapasitas kapal KM Dorolonda yang melayani rute tersebut.

Kepala PT Pelni Cabang Tanjungpinang, Safrani mengatakan, tiket KM Dorolonda dengan jadwal keberangkatan 27 Mei sudah habis terjual sejak beberapa hari lalu.

Ia menegaskan, Pelni tidak menjual tiket non seat, hal itu demi kenyamanan dan keselamatan para penumpang.

“Sampai sekarang juga belum ada instruksi dari pusat terkait penjualan tiket non seat tersebut,” katanya di Tanjungpinang, Rabu (15/5/19) lalu.

Safrani menambahkan, Pelni juga sudah menyiapkan empat kapal angkutan mudik lebaran untuk melayani rute keberangakatan Kijang – Pulau Tujuh (Kepri).

Keempat kapal tersebut yaitu Sabuk Nusantara 48, Sabuk Nusantara 80, Sabuk Nusantara 83, dan KM Bukit Raya.

Khusus KM Bukit Raya, kata dia, saat ini tengah proses perbaikan di Tanjung Priok, Jakarta.

“Informasinya tanggal 23 Mei 2019 sudah jalan menuju ke sini,” ujarnya.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin