Home Kepulauan Riau Tanjungpinang

Tarif Tes GeNose di Pelabuhan Kepri Turun Rp10.000

Tarif GeNose Pelabuhan Kepri
Salah satu dari tiga pelabuhan domestik di Batam menyediakan layanan tes GeNose C-19. F: (barakata.id)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Tanjungpinang – Tarif tes GeNose C-19 di pelabuhan wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) turun harga. Penurunan tarif tersebut diusulkan Pemerintah Provinsi Kepri dan telah disetujui oleh perusahaan Kimia Farma.

Sebagai informasi, tes dengan metode GeNose C-19 dilakukan di sejumlah pelabuhan di Kepri. Di antaranya adalah, Pelabuhan Punggur Batam, Pelabuhan RoRo Batam, Pelabuhan Sekupang Batam, Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, dan Pelabuhan Roro Tanjunguban Bintan.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyambut baik keputusan tersebut.

“Ini kabar baik untuk masyarakat Kepri,” ujarnya di Tanjungpinang, Kamis (10/6/21).

BACA JUGA : Update Masa Berlaku PCR, Swab Antigen dan GeNose untuk Perjalanan Domestik Pulau Bali, Jawa dan Luar Jawa

Dilansir dari ANTARA, penurunan tarif GeNose di Kepri tersebut tertuang dalam surat Kimia Farma dengan Nomor:113tKU 000/KFDNV2A21 tertanggal 8 Juni 2021 tentang Penyesuaian Tarif Pengujian GeNose C-19.

Jika sebelumnya tarif GeNose di Kepri sebesar Rp40.000, kini menjadi Rp30.000.

Menurut Ansar, penurunan tarif GeNose merupakan permintaan masyarakat di Kepri. Biaya Rp40.000 untuk sekali tes GeNose dianggap masih terlalu memberatkan.

Apalagi, mobilitas masyarakat di Kepri cukup tinggi. Setiap hari, ada ribuan warga yang melakukan penyeberangan antarpulau maupun antarkabupaten/kota di Kepri.

“Banyak aspirasi yang masuk, meminta tarif GeNose di pelabuhan diturunkan. Makanya kita segera ajukan kepada Kimia Farma agar ada penyesuaian harga,” katanya.

“Alhamdulillah aspirasi masyarakat dipenuhi, tarif GeNose turun menjadi 30 ribu rupiah,” sambung Ansar.

BACA JUGA : BUP BP Batam Buka Layanan GeNose C-19 di Tiga Pelabuhan Domestik

Ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah pun mengaku sudah menerima surat dari Kimia Farma terkait penurunan tarif GeNose di pelabuhan Kepri.

“Saya baru terima suratnya hari ini (kemarin). Sudah disetujui oleh Kimia Farma dari Rp 40 ribu jadi Rp 30 ribu,” kata Arif di Tanjungpinang, Rabu (9/6/21).

Arif mengaku sudah mengintruksikan Wakil Ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana untuk segera menindaklanjuti hal ini.

“Pak Tjetjep sudah bertemu dengan pihak Kimia Farma di Kepri untuk menindaklanjuti surat itu, supaya penurunan tarif GeNose bisa segera diterapkan di lapangan,” kata dia.

*****

Editor : YB Trisna

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin