Semangat Totalitas Milenial Batam di Festival Pemuda Kreatif 2019

45
Para pemenang di berbagai lomba pada gelaran Festival Pemuda Kreatif Batam 2019 di halaman MB2 Batam, Sabtu (21/9/19) malam. (F: Barakata.id/Ali Mhd)

Barakata.id, Batam – Festival Pemuda Kreatif 2019 yang digelar di parkiran Mal Botania (MB) 2, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (21/9/19) malam dipadati ribuan masyarakat. Sebagian besar, tentu saja adalah anak muda dan kalangan milenial.

Para anak muda itu tampak sangat antusias mengikuti rangkaian acara yang ditaja Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Batam dan komunitas Generasi Entrepreneur (GEN) Batam itu.

Antara pengunjung dan peserta berbaur, menunjukkan semangat totalitas untuk berkreasi, membuat inovasi-inovasi baru yang mengagumkan. Acara itu memang disejalankan dengan berbagai penampilan, baik pentas seni budaya maupun produk-produk karya anak-anak muda Batam.

Baca Juga : Serunya Bikin Konten Video Kreatif Bersama Telkomsel

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai pihak yang menginisiasi Festival Pemuda Kreatif, tak salah memilih Batam untuk menjadi salah satu tuan rumah kegiatan ini.

Batam adalah kota yang berkembang pesat. Populasi pemudanya tumbuh menjadi generasi produktif milenial yang dapat diandalkan.

Hal itu tak lepas dari posisi Batam yang sangat dekat dengan negara maju seperti Singapura dan Malaysia, sehingga transformasi ilmu, dan gaya hidup digital sangat cepat teradopsi.

Hal itu terlihat pada stand-stand yang hadir di Festival Pemuda Kreatif di MB2 tersebut. Berbagai stand mulai dari produk teknologi, kuliner, kriya, fashion dan lainnya yang lahir dari kreativitas anak muda sangat mendominasi.

Festival itu benar-benar menjadi ruang penyaluran kreativitas anak muda Batam.

Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Faisal Abdullah menyampaikan, ekonomi Kreatif sedang menjadi tren khususnya di kalangan anak muda dan generasi milenial. Ia berharap kegiatan ini mampu menumbuhkan menumbuhkan kreativitas dan minat kalangan milenial agar berwirausaha di industri kreatif.

Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Faisal Abdullah bersama jajaran Dispora Batam dan komunitas Generasi Entrepreneur Batam di acara Festival Pemuda Kreatif Batam 2019, MB2 Batam, Sabtu (21/9/19). (F: Barakata.id/Ali Mhd)

Festival Pemuda Kreatif Batam 2019 berlangsung sejak Sabtu pagi dengan diawali kegiatan senam aerobik dan zumba bersama yang diikuti ratusan anak muda dan pembagian door prize. Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad yang hadir saat pembukaan mengapresiasi terpilihnya Batam sebagai tuan rumah.

Ia mengatakan, festival ini menjadi penting karena menjadi sarana pemberdayaan dan pengembangan kreativitas pemuda agar membuat pemuda Batam lebih tangguh, kreatif dan berdaya saing.

Baca Juga : Pemasaran Payah, UKM Tanjungpinang Sulit Berkembang

Sebagai upaya mengembangkan wawasan pemuda berwirausaha, Festival Pemuda Kreatif juga menggelar talkshow. Dua narasumber yang dihadirkan adalah Arseto Hartantiyo Pinontoan selaku Developing The Creative Ecosystem Of Batam dan Dede Saputra sebgai Co-Founder Marlin Booking sekaligus Startup Mentor.

Sejumlah perlombaan yang diselenggarakan untuk mengadu bakat dan keterampilan anak muda di Batam yaitu melalui lomba fotografi dan lomba break dance. Selain itu ada juga penampilan cheersleader dari Shabuya Cheers Squad, fashion show oleh Ronald Moreno, Musik dari DJ Alam dan bintang tamu penyanyi jebolan Indonesia Idol, Glen Samuel menghibur pengunjung festival.

“Kegiatan ini sangat bagus, harus lebih sering dilaksanakan. Anak muda Batam sangat banyak yang kreatif, karya-karya mereka perlu dipromosikan,” ujar Andi Pertama, seorang pengunjung acara itu.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini