Home Kepulauan Riau Selamat! Batam Dinobatkan Menjadi Kota Sangat Inovatif

Selamat! Batam Dinobatkan Menjadi Kota Sangat Inovatif

82
Jefridin Hamid
Sekda Batam, Jefridin Hamid
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id- Kota Batam dinobatkan menjadi Kota Sangat Inovatif oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Predikat itu diberikan berdasarkan pengukuran indeks inovasi daerah tahun 2020.

Tak tanggung-tanggung, penghargaan tersebut diraih setelah dinilai oleh 15 dewan juri dari kementerian/lembaga terkait, media dan berbagai instansi maupun lembaga yang memiliki kredibilitas baik lainnya.


Baca Juga: Batam Raih Penghargaan Kota Cerdas, Satu-satunya Kota Diluar Jawa

Penghargaan tersebut merupakan upaya pemerintah memberikan apresiasi terhadap semangat atas usaha pemerintah daerah. Selain itu, penghargaan tersebut juga apresiasi atas keberhasilan pemerintah dearah dalam penyeelnggaraan pemerintahan dengan cara-cara inovatif.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid mengaku sangat bersyukur atas pencapaian tersebut.

“Alhamdulillah Batam terus mendapat penghargaan,” ujarnya, Senin (21/12/2020).

Jefridin mengatakan berbagai inovasi yang dilakukan Pemko Batam diantaranya pelayanan saat pandemi, protokol kesehatan yang diterapkan di semua instansi termasuk pihak swasta.

“Juga semua pengunaan APBD dilakukan non tunai. Itu beberapa contoh mengapa kita diberi predikat sangat inovatif,” tutur Jefridin.

Sebelumnya, pada Oktober lalu, Batam juga meraih dua penghargaan sekaligus dalam Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2020. Batam dinobatkan jadi Smart Economy dan Platform Belajar Mengajar Terbaik.

Aplikasi bakulan dan Platform Belajar dan Mengajar merupakan dua inovasi yang mengantarkan Batam meraih penghargaan dalam ISNA 2020. Dua inovasi itu dianggap jadi contoh untuk daerah lain di Indonesia untuk jadi kreatif saat pandemi Covid-19.

“Batam bersaing dengan 514 kabupaten/kota se Indonesia,” tutur Jefridin.

Aplikasi Bakulan

Aplikasi ini diluncurkan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Batam. Aplikasi ini berbasis android. Aplikasi Bakulan merupakan layanan online penjualan produk pertanian Batam.

Produk yang dijual lewat aplikasi itu merupakan hasil produksi kelompok tani yang ada di Kota Batam. Aplikasi Bakulan ini memudahkan masyarakat memperoleh bahan pangan. Selain itu juga mendukung uaha pertanian lokal. Sehingga mereka punya wadah untuk menjual hasil petaniannya.

“Konsumen dimudahkan karena tak perlu keluar rumah, barang yang dibutuhkan diantar langsung ke alamat. Apalagi di masa Covid-19 harus meminimalisir kontak fisik, tentu sangat membantu,” kata Jefridin.

Platform Belajar Mengajar

Baca Juga: Wali Kota Batam Raih Penghargaan Best Wali Kota Inovatif 2019

Di Indonesia, hanya ada tiga daerah yang punya Platform Belajar Mengajar terbaik. Daerah-daerah tersebut adalah Batam, Bojonegoro dan Tangerang.

Batam sangat konsen di sektor pendidikan. Sehingga di tengah pandemi pun, anak-anak tetap belajar. Proses belajar mengaar tak terganggu. Untuk mengantisipasinya, proses belajar itu dijembatani dengan platform belajar mengajar yang ada. Cara dan metodenya menyesuaikan dengan situasi saat ini, yakni lewat online.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin