Warta Kepulauan Riau Batam Raih Penghargaan Kota Cerdas, Satu-satunya Kota Diluar Jawa

Batam Raih Penghargaan Kota Cerdas, Satu-satunya Kota Diluar Jawa

13
Penyerahan piagam dan piala penghargaan Kota Cerdas di Aula Barat ITB, Bandung, Jawa Barat, Senin (18/11/19). (F: Barakata.id/IST)

Barakata.id, Batam – Kota Batam kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Batam ditetapkan sebagai Kota Cerdas dalam ajang Awarding Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2019.

Event yang ditaja Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), menempatkan Batam sebagai Kota Cerdas dalam kategori kota besar. Prestasi ini kian membanggakan lantaran Batam menjadi satu-satunya kota di luar Pulau Jawa yang mendapat piagam dan piala di ajang bergengsi tersebut.

Penghargaan diterima oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemko Batam, Zarefriadi. Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Aula Barat ITB, Bandung, Jawa Barat, Senin (18/11/19).

Baca Juga : Pertamala Kali, Batam Raih Predikat Kota Sehat

Sebagai Kota Cerdas, rating Batam unggul di lima kategori yakni rating kota menuju cerdas (smart city), ekonomi cerdas (smart economy), lingkungan cerdas (smart environment), keamanan dan kebencanaan kota (safe and secure cities), dan rating kesiapan integrasi (integration readiness).

“Alhamdulillah Batam mendapat penghargaan di lima kategori,” kata Zarefriadi melalui keterangan tertulis yang diterima barakata.id, Selasa (19/11/19).

RKCI ini merupakan agenda rutin dwi tahunan. Pada acara ini tak hanya diserahkan penghargaan, tapi juga disampaikan clustering kota-kota.

Selain itu juga ada penyampaian masukan untuk peningkatan kinerja kota dalam menuju pengembangan kota cerdas.

Rangkaian penilaian RKCI  2019 ini sudah dimulai sejak Juli 2019 dengan dilakukannya launching di Istana Wakil Presiden RI. Kemudian dilanjutkan dengan self assessment pada Agustus 2019, dan verifikasi lapangan Tim ITB pada September 2019.

Selain Kota Batam, Piagam RKCI untuk kota besar juga diberikan kepada Surabaya, Bandung, Semarang, Bogor, Tangerang, dan Tangerang Selatan. Sementara piala hanya diberikan kepada lima kota dengan nilai terbaik, yaitu Semarang, Surabaya, Batam, Bandung, dan Tangerang.

Lima fokus Pemko Batam

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad

Mengutip laman resmi Pemko Batam, Tim verifikasi RKCI dari ITB turun langsung ke Kantor Wali Kota Batam pada 26 Setember 2019. Kedatangan tim disambut langsung oleh Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Pada kesempatan tersebut, Amsakar memaparkan tentang potensi dan inovasi yang tengah dilakukan Pemko Batam.

“Batam memang kita desain untuk menjadi kota mendekati Singapura, setara dengan Johor. Karena kami berada di beranda terdepan Indonesia bagian barat,” kata Amsakar.

Baca Juga : Semarak Hari Jadi Batam, dari Atraksi Udara F-16 hingga Kenduri Seni Melayu

Menurutnya, ada lima fokus Pemko Batam di bawah kepemimpinan Muhammad Rudi-Amsakar Achmad dalam membangun Batam. Lima fokus itu adalah, pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, investasi untuk peningkatan ekonomi, sumber daya manusia.

“Dan smart city, kota cerdas ini menjadi salah satu fokus pembangunan Batam,” ujarnya.

*****

Editor : Yuri B Trisna

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here