Home Gaya Kesehatan

Salah Pakai, Manfaat Tisu Antiseptik Bisa Tak Maksimal

87
Manfaat Tisu Antiseptik
Jangan salah pakai menggunakan tisu antiseptik, sebab jika tidak tepat fungsinya tak akan maksimal. (F: Barakata.id/Asrul R)

Barakata.id – Tisu antiseptik memang tengah naik daun. Nasibnya sama dengan hand sanitizer. Sejak pandemi Covid-19 menyerang, antiseptik memang sangat dibutuhkan. Agar manfaat tisu antiseptik ini sesuai yang diharapkan, penggunaannya harus tepat.

Pada dasarnya antiseptik mampu menghentikan atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme. Untuk keperluan medis, antiseptik ini digunakan untuk mengurangi infeksi.

Seperti halnya hand sanitizer, saat ini tisu antiseptik kerap digunakan untuk menggantikan aktivitas mencuci tangan. Tak seperti tisu pada umumnya, tisu antiseptik ini didesain basah, sehingga kerap disebut juga dengan tisu basah.

Baca Juga: Peneliti Sebut Povidone-Iodine Efektif Bunuh Virus Corona

Tisu antiseptik ini memang ampuh menghilangkan kotoran di tangan. Jika hand sanitizer bisa membunuh kuman, maka manfaat tisu antiseptik ini bisa membunuh kuman sekaligus membersihkan kotoran yang tampak maupun tak tampak.

Namun, dilansir dari WebMD, tisu antiseptik ini bisa memberikan ras aman palsu. Sebab orang-orang menganggap sudah bebas dari kuman. Padahal, hanya pemakaian yang tepatlah yang akan membuat fungsinya bekerja.

Tisu antiseptik mengandung zat kimia yang disebut biosida. Zat itu juga ada ada disenfektan. Hanya saja pada disinfektan kandungan biosida lebih tinggi.

Pusat pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mengatakan untuk membunuh kuman, benda perlu diberi cairan disenfeksi, setidaknya tiga sampai sepuluh menit. Tergantung jenis antiseptiknya.

Ketentuan itu juga berlaku bagi penggunaan tisu antiseptik. Tapi yang sering kita temui, pengguna tisu antiseptik hanya mengelap permukaan benda dengan cepat. Hal itu membuat larutan pembersih yang ada di tisu tersebut menguap dengan cepat. Bahkan tak sampai membunuh kuman.

Baca Juga: Ketahui Waktu Tepat Ajak Anak Cuci Tangan

Agar kuman bisa mati terbunuh, sebaiknya gunakan tisu antiseptik pelan-pelan. Usap berkali-kali. Pastikan permukaan benda yang dibersihkan lembab selama beberapa saat.

Tisu antiseptik juga sebaiknya hanya digunakan pada satu permukaan saja. Kemudian dibuang. Jangan memakainya di banyak benda. Karena bukan membersihkan, Anda malah memindahkan kuman dari satu benda ke benda lainnya.

Selain itu jangan pula gunakan tisu antiseptik secara berlebihan. Karena tisu antiseptik yang hanya bisa sekali pakai ini tidak ramah lingkungan. Pastikan menggunakannya pada saat terdesak. Sebab, cara terbaik untuk membersihkan kuman tetaplah mencucinya pada air mengalir disertai dengan sabun.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin