Home Gaya Kesehatan

Ketahui Waktu Tepat Ajak Anak Cuci Tangan

45
Orang tua harus ajak anak cuci tangan setelah melakukan aktivitas yang rentan terhadap kuman. (F : Istimewa)

Barakata.id – Aktivitas anak sehari-hari kerap rentan terpapar kuman. Karena itu, para orangtua harus rajin mengajak dan mengajarkan anak cuci tangan.

Mencuci tangan adalah cara terbaik untuk menghentikan penyebaran kuman.

Kuman di tangan anak ini, akan mudah masuk ke mulut. Itu sebabnya anak-anak wajib dibiasakan mencuci tangan terutama ketika akan atau telah melakukan beberapa hal berikut ini:

Baca Juga :
Ternyata Anak di Bawah 2 Tahun Tak Cocok Pakai Masker

1. Sebelum makan

Sebelum tangan anak menyentuh makanan, pastikan dia sudah membersihkan tangannya dengan cara mencucinya. Tangan yang terpapar kuman kemudian memegang makanan, seterusnya memasukkan makanan itu ke mulut membuat kuman dapat masuk ke dalam tubuh.

Jika anak makan menggunakan sendok sekalipun, kewajiban untuk cuci tangan ini tetap harus diterapkan. Selain menjaga alat makan yang disentuh tak dihinggapi kuman, kadang anak-anak juga tetap memungut makanan menggunakan tangan meski sudah pakai sendok.

2. Setelah dari toilet

Toilet adalah area yang paling banyak kumannya di dalam rumah. Pastikan anak telah mencuci tangannya menggunakan sabun setelah buang air di toilet.

3. Setelah memegang sesuatu yang kotor

Anak-anak terutama di usia balita seringkali memegang sesuatu lalu memasukkan ke dalam mulut. Hal itu karena dia sedang mengekplorasi apa saja yang ditemukannya.

Padahal tak jarang barang yang dipegangnya itu merupakan tempat kuman bersarang. Kadang balita juga sering menjilat jari-jarinya, padahal dia baru saja memegang sesuatu yang kotor seperti remote televisi, sepatunya, meja, kursi dan lain-lain.

4. Setelah menyetuh binatang

Ajarkan anak untuk mencuci tangan setelah menyentuh binatang. Aktivitas anak yang ini patut diperhatikan, apalagi jika di rumahnya memelihara binatang seperti kucing atau anjing.

Sebab, kuman senang bersarang pada bulu-bulu binatang tersebut.

5. Saat mengunjungi orang sakit

Baik sebelum atau mengunjungi orang sakit, orangtua harus mengajak anak-anak untuk mencuci tangan. Orang sakit memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Jangan sampai anak-anak dari luar membawa kuman yang memperparah kondisi si sakit.

Setelah berkunjung jangan lupa juga mencuci tangan karena kita tidak tahu kuman apa yang menempel pada si sakit.

Baca Juga :
Dear Bunda, Ini 4 Cara Meningkatkan Imunitas Anak

6. Setelah batuk dan bersin

Saat batuk dan bersin, kuman dan cairan tubuh ikut keluar. Apalagi jika anak menutupi bersin dan batuknya langsung dengan tangan bukan dengan sapu tangan atau tisu.

Agar kuman tak semakin tersebar segera ajak anak cuci tangan.

7. Setelah dari luar

Pastikan anak-anak tak membawa kuman masuk ke dalam rumah. Misalnya baru dari playground atau bermain di kebun. Sebelum masuk rumah ajak anak untuk mencuci tangan.

*****

Sumber : theAsianparent.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin