Home Urban Nusantara

Polisi Tangkap Penimbun dan Pengoplos BBM 

19
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo
artikel perempuan

Barakata.id, Jawa Tengah – Polda Jateng menangkap sebanyak 66 orang pelaku penimbun dan pengoplos BBM Bersubsidi. Ke 66 orang ini ditangkap dari 50 kasus yang ditangani Polda Jateng dan jajaran. 

“Pengungkapan ini menyelamatkan potensi kerugian negara sebesar Rp11 miliar,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen, Dedi Prasetyo, Senin (5/9/2022). 

Ia mengatakan barang bukti yang disita sebanyak 81,9 ton solar subsidi, 3,2 ton pertalite, 38 unit mobil, 6 unit motor, 9 unit alat komunikasi dan tandon kapasitas 1000 liter sebanyak 40 buah. 

Baca juga : Polisi Pantau Peredaran BBM Dari Darat Hingga Laut

“Kasus ini ditangani Polda Jateng, dan Polres-Polres se Jawa Tengah,” tutur Dedi. 

Dari beberapa kasus yang ditangani ini, Dedi mengatakan ada yang menonjol dan menarik.

Ia mengatakan kasus ditangani Polres Kudus, melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN). Modusnya dengan pembelian solar melalui mobil ditimbun dan dijual ke industri. 

“Ada kasus lainnya melibatkan oknum ASN di Pekalongan. Oknum ini mengisi tangki mobilnya bolak balik, lalu memindahkan ke jeriken,” kata Dedi.

Baca juga : BBM Naik Polisi Awasi SPBU se Batam, Ada Apa? 

Rata-rata para pelaku memanfaatkan disparitas harga dan lemahnya pengawasan penyaluran BBM bersubsidi. 

“Kami pastikan, Polri tidak pandang bulu terkait penyalahgunaan BBM ini,” ujarnya. 

Ia mengatakan Polri akan memastikan pengawalan terhadap pendistribusian BBM. Personel Polri nantinya akan ditempatkan di SPBU, untuk melakukan pengawasan dan sosialisasi dengan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin