Home Warta Ekonomi Pendaftar Prakerja Gelombang 9 Tembus 5 Juta Orang

Pendaftar Prakerja Gelombang 9 Tembus 5 Juta Orang

113
Prakerja Gelombang 9
Pendaftaran program Kartu Prakerja sudah dibuka. (F: Barakata.id/Asrul R)

Barakata.id, Jakarta – Pendaftar program Kartu Prakerja gelombang 9 membludak. Sejak dibuka pada Kamis (17/9/20) hingga Minggu (20/9/20) siang, tercatat sudah lebih dari 5 juta orang yang mendaftar.

Diperkirakan, jumlahnya masih bakal terus bertambah karena pendaftaran untuk Kartu Prakerja gelombang 9 baru akan ditutup pada hari ini, Senin (21/0/20).

“Sampai siang ini sudah lebih dari 5 juta orang yang mendaftar di gelombang 9,” ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu seperti dilansir dari Tempo.co, Minggu (20/9/20).

Baca Juga :
* Prakerja Gelombang 9 Dibuka Hari Ini, Lakukan Ini Jika Gagal Daftar

* Waduh, Panitia Cabut Status 180 Ribu Peserta Kartu Prakerja

* Peserta Harus Tahu, Kenapa Insentif Prakerja Gagal Cair?

Louisa mengatakan, sama seperti penerimaan program Kartu Prakerja gelombang 8, pada batch 9 pun kuota peserta yang diterima untuk memperoleh fasilitas tersebut adalah 800.000 orang.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan dari pendaftaran pada gelombang 1 hingga gelombang 8, sebanyak 4,68 juta orang pendaftar telah memperoleh surat keputusan sebagai peserta Prakerja. Dari jumlah itu, sebanyak 3,4 juta orang telah membeli paket pelatihan.

Untuk penyaluran insentif dari gelombang 1 dan gelombang 8 tersebut, kata Denni, anggaranya mencapai Rp1,7 triliun.

“Ada 2,4 juta orang yang telah menyelesaikan minimal satu pelatihan online dan 1,4 juta peserta sudah menerima insentif. Total insentif yang tersalurkan mencapai Rp1,7 triliun,” katanya.

Cara mendaftar

Diberitakan sebelumnya, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 9 dibuka, Kamis (17/9/20).

“Gelombang 9 Kartu Prakerja telah dibuka!” begitu tulisan dalam gambar yang diunggah Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja melalui akun resmi Instagram @prakerja.go.id.

Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs resmi di www.prakerja.go.id. Di sana calon pendaftar bisa membuat akun dan mulai mendaftar Kartu Prakerja, baik menggunakan komputer, laptop maupun smartphone.

Sebelum mendaftar, Manajemen Pelaksana juga meminta calon pendaftar untuk memastikan diri. Pertama, calon pendaftar adalah warga negara Indonesia. Kedua berusia di atas 18 tahun dan ketiga tidak sedang sekolah atau kuliah.

Baca Juga :
* Peserta Kartu Prakerja Siap-Siap, Uang Pelatihan Rp3,5 Juta Ditransfer Hari Ini

* Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka, Kuota Hanya 800.000

* Cara Mendaftar Kartu Prakerja, Dapat Bantuan Rp3,55 Juta

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja juga menuntun cara mendaftar Kartu Prakerja dalam Instagram tersebut. Caranya, buka situs resmi Kartu Prakerja pada browser telepon seluler atau komputer.

Kemudian siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) serta Nomor Indentitas Kependudukan (NIK). Masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar utnuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun.

Setelah itu siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online. Lalu klik “gabung” pada gelombang yang sedang dibuka.

“Bagi sobat yang akunnya sudah diverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik “Gabung’ ke gelombang 9 agar dapat masuk ke tahap seleksi,” begitu katanya.

Setelah itu, peserta Kartu Prakerja tinggal menantikan pengumuman yang lolos seleksi melalui SMS.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin