Home Warta Ekonomi

Peserta Kartu Prakerja Siap-Siap, Uang Pelatihan Rp3,5 Juta Ditransfer Hari Ini

1985
Kartu Prakerja
Foto Ilustrasi. Pemerintah membuka pendaftaran peserta program Kartu Pekerja.

Barakata.id, Jakarta – Para peserta program Kartu Prakerja bersiaplah. Pemerintah akan mentransfer uang pelatihan Kartu Prakerja sebesar Rp3,5 juta mulai hari ini, Rabu (16/9/20).

Mereka yang akan menerima uang pelatihan ini adalah peserta yang lolos seleksi batch 8. Uang akan ditransfer ke virtual account masing-masing peserta.

“Besok (hari ini) akan saya tetapkan lewat SK 800 ribu penerima ini siapa, dan kemudian mulai dibukakan virtual account dan dimasukkan uang Rp3,55 juta itu di virtual account masing-masing peserta,” ujar Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari dalam diskusi virtual Bincang Sore Kartu Prakerja, Selasa (15/9/20).

Denni mengatakan, proses transfer tersebut dipastikan baru selesai Kamis (17/9/20) mendatang. Bersamaan dengan itu pengumuman peserta lolos pendaftaran Kartu Prakerja batch 8 juga akan dilakukan.

Baca Juga :
* Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka, Kuota Hanya 800.000

* Cara Mendaftar Kartu Prakerja, Dapat Bantuan Rp3,55 Juta

Nantinya pendaftar yang lolos akan mendapatkan SMS dari manajemen pelaksana Kartu Prakerja dan bisa mulai mengikuti program-program yang diberikan.

“Kamis (selesai). Karena jumlahnya besar, kan, ya, satu batch 800 ribu orang. Perlu waktu. Kemudian baru di SMS masing-masing diberitahu selamat Anda telah menerima Kartu Prakerja dan seterusnya,” kata dia.

Menurut Denni, jumlah pendaftar batch 8 Kartu Prakerja mencapai 4 juta orang dalam waktu 4 hari terhitung sejak Kamis (10/9/20) hingga Senin (14/9/20) siang. Saat ini pihaknya masih merampungkan proses seleksi peserta dan akan menetapkan siapa saja yang lolos.

“Kami lakukan pengecekan apakah kemudian betul-betul mereka memenuhi persyaratan yang ada di dalam Peraturan Presiden dan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian,” ujarnya.

Para peserta program ini diimbau agar tak mengganti nomor handphone selama enam bulan ke depan untuk memperlancar proses pencairan insentif pasca pelatihan Kartu Prakerja

Pendaftar gelombang 8 capai 4,7 juta orang

Sementara itu, Head of Communication Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, pendaftaran gelombang 8 Kartu Prakerja resmi ditutup pada Senin (14/9/20). Hingga pendaftaran ditutup, tercatat lebih dari 4,7 juta calon peserta yang mendaftar gelombang 8.

Baca Juga :
* Hore, Peserta Kartu Prakerja Dapat Bantuan Rp3,55 Juta

* Mantap, Bantuan Subsidi Gaji untuk Pekerja Lanjut Sampai 2021

Jumlah tersebut, lanjut Louisa, cukup membludak mengingat kuota yang tersedia pada gelombang ini hanya 800 ribu. Sementara secara keseluruhan pemerintah menargetkan akan ada 5,6 juta penerima manfaat kartu Prakerja khususnya bagi mereka yang tidak terkena PHK akibat pandemi Covid-19.

Seperti diketahui program Kartu Prakerja gelombang 8 resmi dibuka Kamis (10/9/20). Sama dengan gelombang sebelumnya, ada 800 ribu pekerja yang akan menerima pelatihan dan stimulus tunai Rp600 ribu jika lolos sebagai peserta.

Louisa menyebut dalam setiap gelombang pendaftaran, selalu saja pendaftar jauh melebihi kuota yang disediakan. Dia mencontohkan gelombang sebelumnya yang diikuti oleh lebih dari 2,8 juta orang, timpang dengan kuota yang disediakan yakni 800 ribu.

Ia menegaskan, proses seleksi dilakukan secara otomatis oleh sistem, sehingga PMO tak secara manual menentukan siapa saja yang akan dipilih.

*****

Sumber : CNNIndonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin