Home Gaya Kesehatan

5 Manfaat Hobi Mancing Ikan, dari Olahraga hingga Terapi Jiwa

61
Manfaat Mancing
Seorang pemancing menunggu sambaran ikan di laut Tanjung Piayu, Batam. (F: yuri b trisna/barakata.id)

Barakata.id, Batam – Apa manfaat hobi mancing ikan? Tidak sedikit orang yang menanyakan hal itu kepada mereka yang suka pergi mancing ikan, baik di kolam, sungai maupun laut.

Bahkan, banyak pula yang menganggap bahwa hobi memancing ikan, sebagai hobi yang membuang-buang uang dan waktu, mengingat piranti dan kebutuhan lain yang diperlukan terkadang cukup menguras dompet. Karenanya, tidak ada yang salah dari anggapan itu.

Mungkin saja, mereka yang punya penilaian itu memang belum pernah melakukan kegiatan memancing ikan, sehingga tidak merasakan ada manfaat besar di balik hobi memancing ikan.

Sebagian orang bahkan heran, mengapa seorang pemancing rela menghabiskan waktunya berjam-jam untuk menunggu mendapatkan ikan. Padahal, hasil (ikan) yang didapat kerap tak sebanding dengan uang yang sudah dikeluarkan.

Sementara, kalau uang itu dibelikan ikan di pasar, bisa dapat banyak dan bebas pilih mau ikan yang bagaimana.

Jangan salah, sebenarnya banyak hal-hal positif yang bisa dilakukan pemancing yang dapat mendatangkan manfaat bagi dirinya. Selain olahraga, memancing ikan juga bisa mendatangkan perasaan bahagia yang sulit diukur dengan uang.

Baca Juga :
* Berakit-rakit ke Piayu Laut, Kita Mancing Kemudian

* Wisata Mancing Batam, Kapan Digarap?

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (13/9/20), berikut lima manfaat mancing ikan:

1. Perasaan Bahagia

Bagi seorang pemancing, saat-saat paling menyenangkan adalah ketika umpan di mata kail mendapat sambaran ikan. Tak penting apakah ikan tersebut akhirnya bisa landed atau tidak.

Perasaan bahagia semakin membuncah tatkala ikan benar-benar menyangkut di mata kail. Joran yang melengkung, putaran reel yang berderit sebagai tanda ada perlawanan dari ikan, membuat hati berdebar gembira.

Apalagi kalau saat itu ada pemancing lain di sekitar Anda, maka suasana akan semakin riuh. Sungguh, itu akan memberi warna baru dalam hari-hari Anda yang sulit dilupakan.

Jadi, jika Anda belum pernah memancing, cobalah. Bisa jadi, Anda bakal merasakan nikmatnya.

2. Penangkal Stres

Jika Anda sangat sibuk bekerja mencari nafkah, sesekali pergilah memancing. Percaya atau tidak, memancing diyakini bisa menjadi salah satu obat stres.

Mulai hari Senin hingga Jumat, bahkan banyak pula orang yang di akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu yang masih disibukkan oleh urusan pekerjaan. Akibatnya, tak sedikit yang akhirnya merasa tertekan, stres.

Itu sangat tidak baik untuk kesehatan, dan dampaknya juga bisa menular pada gangguan masa depan Anda. Maka, jangan ragu, cobalah pergi memancing. Tak perlu jauh-jauh.

Anda bisa pergi ke kolam pemancingan, ke sungai atau ke pantai. Para penghobi mancing, sudah paham betul soal ini. Bagi para angler, memancing bisa menjadi obat penangkal stres.

Mancing ikan bisa memberi manfaat karena dapat membuat kita santai jiwa dan raga. Sambil menunggu umpan dimakan ikan, kita bisa melakukan aktivitas lain seperti membaca buku, menikmati pemandangan sekitar atau membangun hubungan sosial dengan pemancing lain.

Saat Anda mendapat ikan, percayalah, itu akan membuat hati gembira. Tak peduli jenis dan ukuran ikan yang didapat.

Dengan pergi memancing, berarti Anda juga sedang berpiknik. Mengapa para pemancing sangat menikmati aktivitas ini? Karena mereka tahu, bakal datang ke tempat-tempat yang baru, tempat cantik yang mungkin saja belum terjamah atau belum pernah didatangi manusia.

Para pemancing sangat paham tempat-tempat yang nyaman untuk memancing. Baik itu tempat yang banyak ikan, ataupun tempat yang indah pemandangan alamnya.

Ini bisa menjadi satu petualangan yang seru. Selalu saja ada cerita yang menarik dari para pemancing sepulangnnya mereka dari memancing ikan.

3. Melatih Sabar dan Konsentrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin