Home Gaya Kesehatan

5 Manfaat Hobi Mancing Ikan, dari Olahraga hingga Terapi Jiwa

Banner Pemprov Kepri
Manfaat Mancing
Seorang pemancing menunggu sambaran ikan di laut Tanjung Piayu, Batam. (F: yuri b trisna/barakata.id)

3. Melatih Sabar dan Konsentrasi

Jangan mengira memancing ikan itu gampang, tinggal lempar umpan lalu menunggu umpan itu dimakan ikan, dan ikan pun didapat. Memancing itu butuh kesabaran tingkat tinggi.

Itulah sebabnya banyak orang yang sudah “menyerah” lebih dahulu saat pertama kali menjalani kegiatan ini. Itu karena ia tidak sabar menunggu, tidak sabar lantaran umpannya tak kunjung dimakan ikan.

Advertisement

Pelajaran yang bisa dipetik dari memancing adalah, kita dapat melatih kesabaran. Bahwa kita harus sabar dalam setiap melakukan usaha atau melangkah dalam kehidupan ini.

Memancing ikan juga bisa melatih konsentrasi. Anda harus bisa menentukan kapan waktu terbaik yang tepat untuk mengangkat joran, atau menggulung tali senar. Kapan saat yang pas untuk menyentakkan mata kail agar ikan benar-benar tersangkut dan bisa landed.

Ketika Anda sudah melemparkan umpan ke dalam air, selain harus sabar menunggu, Anda juga musti berkonsentrasi. Anda dituntut konsentrasi, agar lemparan umpan jatuh ke lokasi yang tepat, ke tempat yang kira-kira ikan bakal melihat dan memakan umpan tersebut.

Selain itu, tentu saja, Anda tak boleh melupakan doa. Bukan hanya saat memancing, dalam menjalani aktivitas atau usaha lain pun, kita dianjurkan untuk selalu berdoa agar usaha yang kita lakukan membuahkan hasil.

4. Olah Raga dan Menambah Relasi

Mungkin banyak yang tidak menyadari, bahwa memancing juga termasuk olah raga ringan. Bagaimana bisa?

Saat kita memutuskan pergi memancing, pertama-tama kita harus menyiapkan segala peralatan termasuk umpannya. Menuju ke lokasi pemancingan itu tanpa disadari kita sudah berolah raga.

Mulai dari mengendarai sepeda motor atau mobil. Lalu turun dan berjalan ke lokasi pemancingan. Jangan lupa, saat berjalan itu kita juga membawa beban; alat pancing, perbekalan, tempat ikan dan lainnya.

Kemudian, sewaktu melemparkan umpan atau menarik ikan, kita juga sudah menggerakkan otot-otot tangan. Bukankah itu termasuk olah raga ringan?

Baca Juga :
* 4 Manfaat Angkat Kaki ke Dinding Sebelum Tidur, Yuk Dicoba

* Aneka Manfaat Teh yang Perlu Diketahui

Lalu, sembari menunggu ikan, kita juga bisa membangun hubungan sosial dengan para pemancing lain. Anda bisa berkenalan dengan orang-orang baru, mengobrol berbagi cerita. Kita tidak pernah tahu, siapa dan apa pekerjaan pemancing lain yang ada di sekitar kita.

Bisa saja dia adalah seorang saudara jauh, atau teman dari sahabat kita. Atau, pemancing itu ternyata adalah bos dari sebuah perusahaan yang nantinya dapat memberi Anda tawaran pekerjaan yang menarik, atau hubungan kerja sama dengan perusahaan tempat Anda bekerja. Tak ada yang tidak mungkin, bukan?

5. Terapi Kejiwaan

Sejumlah literatur menyebutkan, memancing sudah dipakai oleh beberapa rumah sakit di negara Eropa, salah satunya Skotlandia sebagai terapi untuk membantu orang-orang yang mengalami gangguan jiwa. Manfaat mancing ikan dipercaya mampu mendatangkan perasaan tenang dan nyaman.

Dua rumah sakit jiwa di Skotlandia yakni Greater Glasgow dan Clyde menerapkan terapi memancing untuk pasien mereka. Selain membantu pasien gangguan jiwa menjadi lebih santai dan tenang, juga bisa mengurangi stigmatisasi dari lingkungan.

Menurut hasil studi mereka, memancing mampu merangsang otak bekerja lebih baik lagi. Selain mendatangkan perasaan nyaman, memancing juga meningkatkan daya konsentrasi.

*****

Editor : Yuri B Trisna

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin