Home Warta Nusantara

Mandi Ketika Sampai Rumah, Cegah Penyebaran Covid-19

70
Tim Dokter Milenial Gugus Tugas Nasional Cut Aigia Wulan Safitri menyampaikan pentingnya membersihkan diri ketika pulang ke rumah sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. (F: Covid-19.go.id)

Barakata.id – Alih-alih tetap di rumah saja, banyak masyarakat yang terpaksa keluar rumah untuk bekerja. Padahal saat melakukan aktivitas di luar rumah dan bertemu dengan banyak orang, sangat mungkin terpapar virus Corona.

Menerapkan protokol kesehatan merupakan salah satu cara untuk mencegah tertularnya Covid-19. Tim Dokter Milenial Gugus Tugas Nasional Cut Aigia Wulan Safitri mengatakan, selain pakai masker dan rajin cuci tangan, setiap kali pulang dari bepergian juga harus melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19.

“Begitu sampai di rumah, kita juga perlu menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, mandi dan langsung mencuci pakaian yang dipakai bepergian,” ujar Cut Aigia seperti yang dilansir dari laman resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Baca Juga :
Ikuti Kebiasaan Baru di Pasar Agar Terhindar dari Covid-19

Tak hanya itu, tas dan sepatu yang dibawa dari luar juga sebaiknya ditinggalkan di luar. Jika ingin dimasukkan ke dalam rumah, sebaiknya disemprot disinfektan dahulu.

Selain itu peralatan rumah tangga juga harus disemprot dengan disinfektan secara rutin. Disinfektan ini bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan cairan pembersih yang tersedia di rumah.

“Saya rutin membersihkan peralatan di rumah dengan menyemprotkan disinfektan buatan sendiri yang dibuat menggunakan cairan pembersih rumahan dan disinfektan yang dijual dipasaran,” ucapnya.

Baca Juga:
Ketahui Waktu Tepat Ajak Anak Cuci Tangan

Dokter umum ini juga mengingatkan para orang tua untuk selalu memperhatikan anak-anak. Terutama saat beraktivitas di luar rumah, sehingga tidak tertular Covid-19.

“Sebagai orang tua perlu selalu mengingatkan anak-anak untuk cuci tangan dan mandi setelah bermain serta tidak membiarkan sering menyentuh wajah dengan tangan,” pungkasnya.

***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin