Home Nusantara Asahan

Tangkal Radikalisme dan Terorisme, Ini Pesan Bupati Asahan

Acara Sosialisasi Pencegahan Terorisme dan Radikalisme di aula Kantor Kesbangpol Asahan
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Asahan – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Utara (Kesbangpol Provsu) bekerjasama dengan Badan Kesbangpol Kabupaten Asahan menggelar Sosialisasi Pencegahan Bahaya Radikalisme dan Terorisme di aula Kantor Kesbangpol Asahan, Kisaran, Sumatera Utara.

Dalam acara tersebut Bupati Asahan yang diwakili Staf Ahli Edi Sukmana mengatakan, ada beberapa faktor pendorong yang membuat generasi muda terpengaruh radikalisme, seperti merasa jiwanya kosong, adanya idelogi yang dianggap tepat (instan), kecewa kepada Pemerintah/Negara, adanya kelompok dengan ideologi radikal terorisme dan pengaruh orang terdekat.

Baca Juga : Beri Edukasi Melalui Sosialisasi Gratieks, Pemkab Asahan Apresiasi Karantina Tanjungbalai Asahan

Dan terpengaruhnya generasi muda oleh beberapa faktor tersebut tentunya dapat berimbas terhadap stabilitas kemananan dan ketentraman.

“Untuk menjaga serta memelihara stabilitas keamanan, ketertiban umum di daerah lanjut perlu dilakukan doktrinisasi Pancasila dan ideologi, membuka kanal aduan terkait intorelan, radikalisme, dan terorisme untuk ditindaklanjuti oleh Pemerintah yang bekerjasama dengan masyarakat sipil/ormas yang relevan guna deteksi dan pencegahan dini,” ucap Edi saat membacakan sambutan tertulis Bupati, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga : Bupati Asahan Ikuti Pembekalan Kepemimpinan Dalam Negeri

Bupatipun berharap, acara yang digelar tersebut bisa terus berlanjut sehingga terbina pemahaman yang kuat akan Pancasila sebagai dasar negara dan beliau juga meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang memiliki tupoksi pencegahan radikalisme dan terorisme agar terus meningkatkan kinerja serta tidak lelah dan bosan menjalankan tugasnya.

Sedangkan Kepala Badan Kesbangpol Provsu yang diwakili Kepala Bidang Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional Provinsi Sumatera Utara Budianto Tambunan mengatakan, masalah terorisme di Indonesia masih merupakan persoalan yang serius, potensi radikalisme dan munculnya aksi-aksi terorisme dikhawatirkan akan terus ada karena jaringan teroris selalu menyebarkan jaringannya keseluruh dunia termasuk Indonesia.

Baca Juga : Beri Edukasi Melalui Sosialisasi Gratieks, Pemkab Asahan Apresiasi Karantina Tanjungbalai Asahan

“Kepada peserta sosialisasi saya berharap untuk mengikuti seluruh rangkaian acara dan menyimak materi yang disampaikan dengan seksama,” tegas Budi.

****

Penulis : Mario Agusno

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin