Home Warta Dunia

Korsel Lockdown Gara-gara Corona Kembali Mengganas

19
Korsel Lockdown
Pemerintah Korea Selatan memberlakukan lockdown mulai Minggu (23/8/20) untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona yang kembali mengganas. (F: AFP)

Barakata.id- Korea Selatan (Korsel) lockdown lagi gara-gara Corona kembali mengganas. Kebijakan itu diterapkan pemerintah untuk meminimalisir infeksi virus Corona.

Pemerintah Korsel melaporkan kenaikan harian tertinggi dalam kasus virus Corona baru sejak awal Maret pada Minggu (23/8/20). Penerapan physical distancing diberlakukan lebih ketat. Virus Corona ini terus menyebar dari kluster gereja Seoul dan pertemuan lainnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea melaporkan 397 infeksi baru, naik dari 332 kasus di hari sebelumnya. Mulai hari ini, pemerintah melarang pertemuan besar, kegiatan olahraga, menutup gereja serta tempat hiburan malam.

Baca Juga:
Penyebaran Covid-19 Meningkat, Manila Lockdown Lagi

Direktur Pusat Pengendalian Penyakit Korea Jung Eun-Kyeong mengatakan Korsel berada di ambang pandemi nasional karena jumlah kasus baru meningkat di 17 wilayah di seluruh negeri.

“Harap tinggal di rumah sebanyak mungkin, kecuali jika Anda benar-benar perlu (keluar) untuk keperluan, atau untuk bekerja dan mengunjungi dokter,” kata dia dikutip dari Straitstimes.

Jung mendesak negara tersebut untuk memberlakukan pembatasan “Level 3”. Pembatasan itu secara efektif menutup total negara, pertemuan dibatasi tak lebih dari 10 orang, sekolah diutup dan pekerjaan kembali dilakukan secara penuh dari rumah.

Pada Jumat (21/8/20) kemarin otoritas kesehatan mengatakan infeksi virus Corona di Korsel memuncak. Kluster terbesar ini berasal dari pertemuan di Gereja Presbiterian Sarang Jeil, Seoul. Jung mengatakan total ada 841 kasus yang dikonfirmasi terkait geraja tersebut.

Baca Juga:
Sejumlah Dosen Positif Covid-19, Kampus USU Lockdown

Dilansir dari Fox News, Menteri Kesehatan Korsel Park Neung-hoo mengatakan kasus baru ini sebagian besar berada di wilayan Seoul. Beberapa pekan terakhir kawasan itu menjadi pusat gelombang virus. Meski demikian infeksi dilaporkan terjadi hampir di setiap kota besar dan kota-kota di seluruh Korsel.

Awal pekan ini, pemerintah telah memberlakukan pembatasan yang lebih ketat di ibu kota. Sebelumnya, pemerintah sangat menjauhi keputusan lockdown ini karena dikhawatirkan akan sangat berpengaruh pada perekonomian.

Dilansir dari Allkpop, saat ini virus Corona juga berimbas terhadap dunia hiburan di Korsel. Sejumlah aktor terinfeksi virus Corona. Hal itu berimbas pada tertundanya proses produksi beberapa drama.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin