Home Warta Nusantara

Pendaftar Prakerja Membludak, Gelombang 6 Bakal Dibuka

129
Pendaftar Kartu Prakerja gelombang 5 membludak. Gelombang 6 akan segera dibuka. (F: Tangkapan layar prakerja.go.id)

Barakata.id- Pendaftar Kartu Prakerja gelombang 5 membludak. Pemerintah pun berencana membuka kembali pendaftaran untuk gelombang ke-6. Total pendaftar untuk gelombang 5 ini mencapai 1,7 juta. Padahal kuotanya hanya untuk 800.000 orang saja.

Head of Communication Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, saat ini Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja tengah menyeleksi dokumen pendaftar. Setelah ini mereka akan segera mengumumkan nama-nama pendaftar yang lolos seleksi.

“Pendaftaran gelombang 5 sudah kami tutup tadi pukul 12.00 WIB. Sekarang kami masih dalam tahap seleksi dan akan segera kami umumkan langsung melalui SMS kepada mereka yang lolos seleksi,” katanya, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Minggu (23/8/2020).

Baca Juga:
Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka, Kuota Hanya 800.000

Loisa mengatakan membludaknya pendaftar tersebut, membuat pemerintah akan segera membuka pendaftaran untuk gelombang 6. Namun, sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan tanggal tepatnya, karena masih akan mengumumkan pendaftar yang lulus seleksi di gelombang 5.

“Tetapi saya belum bisa memberikan tanggal berapa akan diumumkan,” kata Louisa.

Baca Juga:
Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka Lagi Pekan Depan

Program Kartu Prakerja ini dijadwalkan akan selesai pada akhir Oktober 2020. Dilansir dari laman prakerja.go.id pada setiap gelombang penerimaan peserta, pemerintah akan memprioritaskan para korban pemutusan hubungan kerja (PHK). Persentasenya 80 persen korban PHK dan 20 persen peserta umum yang dipilih secara acak.

Setiap peserta yang lolos seleksi ini akan mendapat bantuan dana sebesar Rp1 juta untuk biaya pelatihan, kemudian insentif yang totalnya Rp2,4 juta. Insentif ini diberikan selama 4 bulan dengan besaran Rp600 ribu perbulan. Selain itu peserta juga masih bisa mendapatkan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp150 ribu.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin