Home Gaya Kesehatan Kenali Computer Vision Syndrome dan Cara Mencegahnya

Kenali Computer Vision Syndrome dan Cara Mencegahnya

Istirahatkan mata secara berkala saat bekerja di depan komputer, laptop atau gawai lainnya agar tak kena Computer Vision Syndrome. (F: Piqsels)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Kesehatan- Computer vision syndrome merupakan sindrom yang sering menimpa orang yang terlalu banyak beraktivitas di depan komputer atau gawai.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) dr M Sidik, SpM(K) mengatakan Computer Vision Syndrome ini merupakan kondisi yang dapat dikenali dari tanda-tanda, di antaranya mata memerah, berair, gatal, kadang-kadang sampai sakit kepala.

”Ini akibat bekerja terlalu lama dengan komputer,” ujarnya, dikutip dari Covid19.go.id, Rabu (20/10/21).

Baca Juga:

Computer vision syndrome ini pada dasarnya adalah gejala kelelahan pada mata. Kondisi itu disebabkan karena mata melihat layar komputer dengan jarak tertentu secara terus menerus. Bahkan sampai berjam-jam.

Kebiasaan itu akan berefek pada terjadinya kekakuan pada otot mata. Sehingga saat melihat ke arah jauh, objeknya terlihat ganda atau buram.

“Efek tersebut hanya sesaat dan akan menjadi bahaya jika terbiasa seperti itu,” kata dr Sidik.

Dr Sidik mengatakan Computer vision syndrom ini bisa dicegah. Caranya pun tidak sulit, namun harus benar-benar dilakukan.

Salah satu caranya adalah setiap kali menggunakan komputer maksimal selama 2 jam, harus istirahat selama 10 menit hingga 15 menit.

Namun istrirahat melihat layar komputer ini jangan dialihkan dengan melihat gawai. Tapi benar-benar istirahat dengan melihat objek yang jauh atau dengan cara menutup mata.

Cara lain yang bisa dicoba untuk mencegah sindrom ini adalah dengan mengatur jeda waktu menatap layar dan melihat objek lain.

Baca Juga:

Dr Sidik menjelaskan caranya yaitu setiap 20 menit bekerja dengan komputer, mata diistirahatkan selama 20 detik dengan melihat objek pada jarak 20 feet atau 6 meter.

Trik seperti itu dapat mengurangi beban mata. Setelah diistirahatkan sejenak, mata pun akan lebih segar untuk bekerja kembali.

“Istilahnya rule of twenty,” ujarnya. (asrul).

SebelumnyaBandara Hang Nadim Didorong untuk Segera Siapkan Fasilitas TCM
Selanjutnya6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Remaja Selama Pandemi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin