
Barakata.id, Batam – Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa berkunjung ke Kantor Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Kamis (2/12/21).
Kunjungan kerja itu diisi dengan diskusi terkait layanan yang ada di Kota Batam. Dalam kesempatan itu Diah mengapresiasi pelayanan yang ada di Batam. Apalagi Mal Pelayanan Publik (MPP) yang ada saat ini menjadi referensi nasional.
Namun dia meminta Pemko dan BP Batam untuk terus meningkatkan pelayanan. Menyelesaikan hal-hal yang masih ada masalah. Apalagi saat ini Wali Kota Batam juga menjabat Kepala BP Batam.
Baca Juga:
- Untuk Indonesia Maju, Pelayanan Publik Harus Cepat
- Tapping Box Batam Masuk Nominasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik
“Saya yakin ini akan memudahkan koordinasi dan penngambilan keputusan sudah pasti akan lebih cepat dan mudah,” kata Diah.
Peningkatan layanan ini harus dilakukan karena Batam adalah kota yang istimewa. Tak hanya jadi daerah pusat perdagangan tapi juga industri dan pariwisata.
“Tidak hanya pelayanan kepada masyarakat Batam saja, tapi juga para investor,” ujarnya.
Sementara itu Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan pada pertemuan tersebut ada beberapa hal yang dibahas. Salah satunya terkait Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).
“Melalui Online Single Submission (OSS), pelayanan kepada masyarakat dan juga investor yang ada di PTSP dapat terus dioptimalkan. Sehingga masyarakat dapat pelayanan yang terbaik,” kata Rudi.
Baca Juga:
- Layanan Kesehatan Online Melonjak di Masa Pandemi
- BP Batam Sosialisasi Aplikasi IBOSS, Kini Layanan Sektor Transportasi Kepelabuhan Lebih Cepat dan Transparan
Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Batam kuga terus didorong untuk meningkatkan pelayanan. Salah satu yang dituntut untuk terus lebih baik, yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).
“Kita pasti akan terus memperbaiki diri, OPD yang belum optimal akan terus kita dorong, agar pelayanan sesuai dengan yang kita harapkan bersama,” kata Rudi. (asrul)