Home Kepulauan Riau Batam

Kementerian Kominfo Bangun 35 BTS 4G di Kepri

BTS 4G Kepri
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad usai bertemu dengan jajaran Kementerian Kominfo di Jakarta, Rabu (31/2/31). (F: Diskominfo Kepri)

Barakata.id, Batam – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) akan membangun 35 Base Transceiver Station (BTS) berteknologi 4G di Provinsi Kepri. Pembangunan 35 menara BTS itu untuk mempercepat dan memperluas layanan telekomunikasi ke pelosok negeri.

“Insya Allah tahun 2021 dan 2022 ini akan dibangun 35 titik perluasan jangkauan telekomunikasi di Kepri oleh Kementerian Kominfo,” ujar Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad usai bertemu dengan Menteri Kominfo RI, Johnny Plate di Jakarta, dikutip dari kominfo.kepriprov.go.id, Rabu (31/3/21).

Ansar mengatakan, dalam pertemuan tersebut, dibahas rencana pembangunan 35 menara BTS 4G di Kepri persisnya di wilayah Kabupaten Natuna, Anambas, Bintan dan Karimun.

BACA JUGA : Layanan 4G LTE Telkomsel Kini Menjangkau Seluruh Natuna

“Bersyukur dapat bersilaturahmi dengan Pak Menteri, Pak Dirjen, Direktur Bhakti yang selama ini menangani perluasan dan pengembangan sarana telekomunikasi di desa-desa, di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia,” katanya.

Ansar menjelaskan, program Peningkatan Aksebilitas Kualitas Layanan Telekomunikasi Broadband 4G di Provinsi Kepri ini tersebar di Natuna sebanyak 12 titik, Anambas sebanyak 17 titik, Bintan di lima titik dan Karimun ada satu titik.

Untuk segera mewujudkan hal tersebut, lanjut Ansar, dirinya akan menggelar koordinasi dengan bupati serta Dinas Kominfo di wilayah yang bakal dibangun BTS tersebut. Pasalnya, dalam pembangunan ini, pemerintah daerah perlu menyediakan lahan untuk pembangunan tower tersebut, dengan ukuran 20 x 20 meter.

“Karena mereka (Kominfo) akan mengirimkan tim survei ke masing-masing kabupaten untuk melihat titik-titik yang memungkinkan itu. Kita akan fasilitasi ini dengan baik, karena kebutuhan jaringan yang memadai sangat dibutuhkan untuk menjaga wilayah perbatasan kita,” kata Gubernur Kepri.

BACA JUGA : Pemko Batam Segel 8 Menara Telekomunikasi

“Ini kepentingan nasional, jika kita bicara Natuna, Anambas, Bintan, Karimun, Tambelan, maka kita harus sungguh-sungguh memanfaatkan ini,” sambung Ansar.

Kepala Dinas Kominfo kepri, Zulhendri menambahkan, rencananya pembangunan 35 titik menara BTS tersebut akan direalisasikan oleh BAKTI (Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi) pada fase kedua. Diperkirakan pelaksanaannya digelar pada April atau Mei mendatang.

“Dan kalau ini sukses, saya yakin kementerian akan memperluas jaringan, yang sebelumnya belum 4G akan ditingkatkan jadi 4G,” kata dia.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin