Home Kepulauan Riau Batam Ini Kata Psikolog, Rentan Orang Bunuh Diri

Ini Kata Psikolog, Rentan Orang Bunuh Diri

71
Ruko dua lantai ini, ditemukan seorang karyawan Sate Kendal meninggal tergantung, Nagoya, Kota Batam, Jumat (20/11/2020). Foto: batamclick.com

Barakata.id, Batam – Faktor kepribadian, seperti individu yang cenderung introvert, kurang suka bersosialisasi, sering memendam masalah sendiri, rentan muncul ide bunuh diri, terutama saat menghadapi masalah yang berat.

Selain itu, kondisi psikis tertentu yang menyertai juga berpengaruh, misalnya depresi, gangguan kecemasan, gangguan kepribadian, trauma, psikotik, atau dalam pengaruh penggunaan NAPZA.

Psikolog Lyly Puspa Palupi S., mengatakan adanya gangguan suasana hati pada seseorang bisa terindikasi menjadi penyebab munculnya orang yang berkeinginan melakukan bunuh diri.

Menurut Staf Subbagian Psikologi Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Sanglah Denpasar, Bali itu, penyebab itu variatif, tergantung kasus setiap individu yang melakukan bunuh diri, salah satunya gangguan mood, hingga depresi, sehingga ada keinginan untuk bunuh diri.

“Bisa dipahami ketika seseorang mengalami kesedihan mendalam, merasa tidak berdaya, tidak ada yang bisa menolongnya, akhirnya memutuskan untuk bunuh diri,” kata LyLy dikutip dari tempo.co.

Baca juga : Gadis India Diduga Bunuh Diri di Perumahan Sukajadi Batam

Menurutnya, masalah kehidupan sosial pun bisa memunculkan keinginan orang untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

“Misalnya karena stres berat akibat menghadapi sakit parah menahun, kondisi ekonomi yang kurang dalam waktu yang berkepanjangan, putus cinta, gagal dalam kehidupan akademik maupun karier, pun kerap menjadi alasan seseorang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri,” jelas Lily.

Menurutnya, keberadaan individu yang memutuskan untuk bunuh diri biasanya dilakukan oleh orang yang merasa tidak memiliki alternatif solusi masalah, lingkungan sosial yang kurang membantu, dan karakter pribadi yang mudah putus asa sehingga sulit dalam memotivasi diri sendiri untuk bangkit dari masalah.

Ia mengatakan dari semua usia, baik remaja atau orang tua, rentan mengalami kondisi serupa. Hal ini karena setiap tahapan usia memiliki tantangan, tuntutan, serta masalah tertentu yang membutuhkan kemampuan individu dalam mengelola emosi dengan baik, mencari solusi yang positif, serta menjalin hubungan sosial yang baik.

Baca juga : 4 Zodiak Ini Keren, Tetap Tenang Saat Stres

Di Kota Batam, Kepulauan Riau, seorang karyawan Sate Kendal ditemukan meninggal dunia dalam posisi  tergantung.
Pria itu diketahui menjeratkan lehernya pada kain yang diikat di ujung-ujung tralis besi, jendela lantai 2 warung Sate Kendal yang beroperasi di Nagoya, Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (20/11/2020).

Belum diketahui apa penyebab karyawan itu nekat mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Hingga berita ini diturunkan, polisi masih melaksanakan olah TKP dan menanyai sejumlah saksi-saksi.

*****

Editor: Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin