Home Kepulauan Riau Industri Film Batam Didorong Tembus Pasar Asia

Industri Film Batam Didorong Tembus Pasar Asia

46
Salah satu film lokal Batam "Hantu Sei Ladi" yang populer beberapa waktu lalu. Pemerintah Batam mendorong industri film Batam bisa menembus pasar Asia.

Barakata.id, Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Kepulauan Riau mendorong industri film lokal terus berkembang hingga menembus pasar Asia. Hal itu memungkinkan mengingat Batam memiliki Infinite Studio Kinema, studio film terbesar di Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata mengatakan, potensi Batam cukup besar untuk terjun ke bisnis ini. Batam tidak kekurangan seniman maupun artis peran, termasuk para penulis naskah.

Adanya Infinite Studio Kinema juga sangat mendukung berkembangnya industri film di daerah ini. Ditambah lagi, posisi Batam yang berdampingan langsung dengan negara-negara Asia seperti Singapura dan Malaysia.

“Adanya Kinema tentu sangat membantu para pelaku perfilman di Batam terus berkembang, bahkan sampai menembus Asia. Kita sangat mendukung,” kata Ardiwinata di Batam Centre, Jumat (11/10/19) dilansir dari Antara.

Baca Juga : Viral, Video Bugil Siswa SMK di Batam Rayakan Ultah

Infinite Studio Kinema merupakan studio film terbesar di Indonesia. Studio yang berlokasi di kawasan Nongsa Digital Park, Nongsa itu sudah menghasilkan sejumlah film berstandar internasional seperti Joker Games dan Buffalo Boys, termasuk serial Serangoon Road yang tayang di HBO.

Ardi mengatakan, Infinite Studio bersedia membuka diri bagi industri perfilman lokal, yang membutuhkan, kostum, bahkan set tertentu yang terdapat di sana. Dengan dukungan itu, ia yakin, sineas muda di kota ini bisa mengembangkan talentanya hingga menghasilkan film yang berkualitas.

“Dalam pertemuan kemarin, Kinema menyatakan terbuka untuk generasi muda mileneal, silahkan manfaatka studio,” kata dia. Ia mengatakan pelaku industri perfilman Batam sudah menghasilkan berbagai film-film pendek yang menarik dengan berbagai tema.

Baca Juga : Masjid SMRS Batam Siapkan Jubah Khusus untuk Turis Non-Muslim

Menurut Ardi, film yang diproduksi anak-anak Batam pun berkualitas baik, tidak kalah dengan yang lain. Sejumlah film lokal di Batam sempat menyedot perhatian publik, di antaranya Ramlie Ooi Ramlie, besutan sutradara muda, Pajri.

Film drama komedi yang tayang di Blitz Studio itu bercerita mengenai anak muda Batam, yang bercita-cita besar, seperti artis Malaysia P Ramlie. Selain itu, film sineas muda Batam yang menarik perhatian publik antara lain Hantu Sei Ladi dan Laskar Anak Pulau.

*****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here