Home Warta Dunia

Indonesia Jadi Negara yang Harus Dihindari Warga AS

40
Indonesia Dihindari Warga AS
Ilustrasi. CDC melarang warga Amerika Serikat untuk tak bekunjung ke Indonesia karena penyebaran Covid-19 yang tinggi. (F: Freepik)

Barakata.id- Indonesia jadi negara yang harus dihindari warga Amerika Serikat (AS). Peringatan itu dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC). Imbauan itu ditulis dalam laman resmi CDC.

Warga AS diimbau sebisa mungkin menghindari atau menunda perjalanan ke Indonesia. Sebab, dinilai risiko penularan virus Corona di Indonesia sangat tinggi.

“Risiko Covid-19 di Indonesia tinggi. CDC merekomendasikan hindari perjalanan internasional yang tidak penting ke Indonesia,” katanya seperti dikutip dari laman CDC, Selasa (8/9/20).

Baca Juga:
CDC Jadikan Pilek, Mual dan Diare Gejala Baru Virus Corona

CDC menilai warga AS yang terpapar Covid-19 di Indonesia bakal sulit mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan. Hanya perjalanan penting yang diperbolehkan. Misalnya upaya untuk bantuan kemanusiaan, alasan medis hingga urusan keluarga yang darurat.

Selain sulit mendapat pelayanan, CDC juga menilai sumber daya yang ada di Indonesia untuk menangani Covid-19 juga terbatas. Itulah yang menyebabkan Indonesia masuk dalam kategori negara yang harus dihindari warga AS.

“Buat rencana dengan matang dan pelajari bagaimana cara mendapat layanan kesehatan di luar negeri,” lanjutnya.

Baca Juga:
Hari Ini Singapura Buka Pintu Untuk Turis Asing

Perjalanan selama pandemi apalagi ke luar negeri memang menyulitkan. Jika warga AS tertular Covid-19 di Indonesia maka dia tak bisa langsung kembali ke negaranya. Melainkan harus menjalani isolasi 14 hari atau sampai sembuh.

Sementara itu, jika jatuh sakit, maka saat kembali ke AS, orang tersebut tetap harus isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Begitu masuk ke negaranya pun warga AS direkomendasikan menjalani tes Covid-19.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin