Home Kepulauan Riau

Dukung Kegiatan Nurdin Basirun, Kepala BPKAD Kepri Serahkan Rp55 Juta

1025
Nurdin Basirun
Gubernur Kepri nonaktif, Nurdin Basirun mengenakan rompi tahanan KPK setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap izin reklamasi, Kamis (11/7/19) lalu. (F: Istimewa)

Barakata.id, Jakarta – Selama menjadi Gubernur Kepri, Nurdin Basirun banyak menggelar kegiatan kemasyarakatan. Beberapa pejabat di Pemprov Kepri mengaku pernah menyerahkan uang untuk mendukung kegiatan Nurdin itu.

Di antara pejabat yang sudah mengakui memberikan uang adalah, Kepala Dinas PU, Kadis ESDM, serta sejumlah kepala biro. Adapun kegiatan yang digelar Nurdin seperti open house, halal bihalal, dan Safari Subuh.

Baca Juga :
Tarmidi Ngaku Setor Rp10 Juta untuk Acara Open House Nurdin Basirun

Terbaru, pejabat Kepri yang mengakui pernah menyerahkan uang kepada Nurdin adalah Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Andri Rizal. Ia mengaku telah menyediakan uang sekitar total Rp55 juta untuk mendukung sejumlah kegiatan mantan bosnya tersebut/

Hal itu disampaikan Andri saat bersaksi untuk Nurdin, terdakwa kasus dugaan suap terkait izin pemanfaatan ruang laut dan penerimaan gratifikasi.

“Iya, tidak secara langsung. Tahun 2018 itu ada acara halal bihalal masyarakat Kepri di Pekanbaru. Saya ngasih Rp 25 juta. Bukan langsung ke beliau, tapi ke panitianya. Saya enggak tahu namanya siapa,” kata Andri di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (12/2/20).

Baca Juga :
Kock Meng, Pengusaha Batam Penyuap Nurdin Basirun Divonis 18 Bulan Penjara

Menurut Andri, ia sebelumnya telah diimbau oleh Nurdin untuk membantu kegiatan tersebut. Ia juga mengaku hadir di acara tersebut.

“(Pemberian) kedua, 2019 itu di bulan Ramadhan, Rp 20 juta, Pak. Saya serahkan ke sekretarisnya, Bela,” kata dia.

Selanjutnya, Andri juga menyerahkan uang sebesar Rp10 juta dalam pecahan Rp20.000 ke sekretaris Nurdin, Bela.

Selanjutnya, uang dari kocek pribadi…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin