Home Kepulauan Riau DPRD Lingga Pelajari Strategi Naikkan Kunjungan Wisman dari Batam

DPRD Lingga Pelajari Strategi Naikkan Kunjungan Wisman dari Batam

28
Ketua dan Anggota DPRD Lingga mengunjungi Disbudpar Batam untuk belajar strategi menaikkan kunjungan wisman, Kamis (16/7/20). (F: Istimewa)

Barakata.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lingga mempelajari strategi menaikkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari Batam. Khususnya di saat new normal saat ini.

“Kami betul-betul ingin mengetahui sejauh mana pengaruh Covid-19 terhadap kunjungan wisman dari Singapura dan Malaysia di sini (Batam),” kata Anggota Komisi II DPRD Lingga, Raja Muchsin, dalam kunjungannya ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Kamis (16/7/20).

Muchsin mengatakan pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh pada kunjungan wisman di Lingga. Untuk itulah pihaknya melakukan melakukan kunjungan ke Batam. Pada kesempatan itu hadir pula Ketua DPRD Lingga Ahmad Nashiruddin dan lima anggota DPRD Lingga lainnya.

Kepala Disbudpar Batam Ardiwinata mengatakan selama Covid-19, semua daerah di Indonesia memang terdampak. Khususnya di bidang pariwisata. Apalagi setiap negara membatasi kunjungan ke negara lain. Salah satunya dari Singapura dan Malaysia yang jadi langganan wisman Batam.

Baca Juga:
Disbudpar Data Ulang Cagar Budaya di Batam

“Indonesia juga mempunyai Peraturan Menteri Hukum Dan HAM Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Indonesia,” kata Ardi.

Oleh karena itu kehadiran para wisman memang tak bisa dipaksakan. Ardi menyebut, untuk bisa kembali didatangi wisman, kawasan yang akan ditawarkan harus lebih dulu bersih dari Covid-19.

Di Batam sendiri, Wali Kota Batam Muhammad Rudi memerintahkan untuk melakukan penyisiran Covid-19 di setiap kecamatan.

Terkait bidang pariwisata, sejak Batam menerapkan new nomal pada 15 Juni lalu, semua sektor usaha sudah dibuka. Termasuk pariwisata.

“Hotel, restoran, tempat hiburan sudah dibuka. Namun dengan surat pernyataan bahwa tempat-tempat itu tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Ardi.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin